Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Umumnya cerah, 27.8 ° C

Polres Garut Gratiskan Biaya Perpanjangan Pajak 

Tim Pikiran Rakyat
KAPOLRES Garut, AKBP BUdi Satria Wiguna berpoto bersama warga yang berkesempatan memperpanjang pajak kendaraannya secara gratis melalui program Samdong Online dalam rangkaian peringatan HUT ke-73 Bhayangkara.*/AEP HENDY/KABAR PRIANGAN
KAPOLRES Garut, AKBP BUdi Satria Wiguna berpoto bersama warga yang berkesempatan memperpanjang pajak kendaraannya secara gratis melalui program Samdong Online dalam rangkaian peringatan HUT ke-73 Bhayangkara.*/AEP HENDY/KABAR PRIANGAN

GARUT, (PR).- Polres Garut menggratiskan biaya perpanjangan pajak kendaraan bermotor bagi seratus warga. Kegiatan ini dikemas dalam tema Samdong (Samsat Gendong) Online yang merupakan rangkaian peringata HUT ke-73 Bhayangkara, Senin 1 Juli 2019.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna menyebutkan program tersebut dkhususkan bagi warga pemilik kendaraan roda dua atau sepeda motor dengan kapasitas mesin di bawah 125 cc. Selain itu, mereka yang bisa mengikuti kegiatan tersebut khusus yang pajak kendaraannya habis tepat tanggal 1 Juli 2019.

Menurutnya, ternyata program tersebut mendapat sambutan antusias warga mengingat banyaknya warga yang mendaftar menjadi peserta. Namun pihaknya terpaksa tak bisa memenuhi keinginan seluruh warga yang mendaftar mengingat ada batasan jumlah peserta yang hanya seratus orang.

"Kita batasi sampai seratus pendaftar pertama yang bisa mendapatkan fasilitas perpanjangan pajak tahunan STNK secara gratis yang masa berlakunya habis pada 1 Juli 2019. Ini masih rangkaian kegiatan peringatan HUT Bhayangkara ke 73," ujar Budi kepada wartawan Kabar Priangan, Aep Hendy.

Dikatakannya, pihaknya sengaja memeberi batasan hanya untuk sepeda motor yang kapasitasnya di bawah 125 cc yang dapat mengikuti perpanjangan pajak gratis ini. Pertimbangannya anatara lain, pemilik sepeda motor jenis ini rata-rata dari kalangan menengah ke bawah seperti tukang ojek, pedagang keliling, dan yang lainnya. 

Kegiatan ini tuturnya, juga sebagai upaya lebih mendekatkan masyarakat dengan polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Masyarakat harus tahu jika polisi itu bukan hanya sebagai aparat penegak hukum akan tetapi juga mempunyai fungsi-fungsi lainnya yang ada kaitannya dengan pelayanan masyarakat.

Kaget

Salah seorang peserta layanan perpanjangan pajak gratis, Novi (29), mengaku kaget dengan adanya program ini. Padahal sebelumnya ia berniat membayar pajak kendaraannya yang kebetulan habis pada hari ini sehingga datang ke Samsat Garut.

"Saya tidak tahu ada program perpanjangan pajak gratis yang diselenggarakan Polres Garut. Namun saat saya mendaftar di Samsat, saya malah disarankan datang ke Mapolres dan mendaftar di sana," kata ibu rumah tangga warga Kecamatan Banyuresmi ini.

Ia pun beserta warga lainnya yang juga mau memperpanjang pajak kendaraannya tutur Novi, kemudian berangkat ke Mapolres Garut dan memang di sana sudah ada stand khusus untuk pendaftaran perpanjangan pajak kendaraan.

Dikatakannya, ia baru tahu jika hari itu ada program khusus pelayanan perpanjangan pajak grtais ketika ke stand tersebut datang Kapolres Garut yang kemudian menyampaikan jika untuk hari ini ada program pelayanan perpanjangan pajak kendaraan gratis khusus untuk yang masa berlakunya habis pada 1 Juli 2019. Apa yang diungkapkan Kapolres tersebut diakui Novi tentu saja membuatnya kaget sekaligus bahagia.   

"Kaget dan tentu saja bahagia setelah mendengar penjelasan dari Bapak Kapolres jika kami tak dipungut biaya untuk pembayaran perpanjangan pajak kendaraan khusus untuk hari ini. Saking bahagianya, tanpa sadar saya dan warga lainnya sampai berteriak kegirangan," ucapnya.
  
Novi menyebutkan, selain gratis, ternyata proses perpanjangan pajak pun tak memakan waktu lama. Alhasil, saat itu uang yang sebelumnya sudah dipersiapakn untuk biaya perpanjangan pajak sebesar Rp 200 ribu pun bisa dibawa pulang kembali karena dirinya sama sekali tak mengeluarkan biaya sepeserpun.***

Bagikan: