Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Sedikit awan, 25.2 ° C

Bantu Bupati Pungut Sampah, Iis Direkomendasikan Bekerja di Pabrik Garmen Cianjur

Shofira Hanan
IIS Salsiah (18) saat diwawancarai awak media, di Lapangan Prawatasari, Selasa, 25 Juni 2019. Ia menjadi satu dari ribuan pencari kerja yang direkomendasikan Plt Bupati Cianjur, untuk mendapat pekerjaan di salah satu pabrik garmen terbesar di Cianjur.*/SHOFIRA HANAN/PR
IIS Salsiah (18) saat diwawancarai awak media, di Lapangan Prawatasari, Selasa, 25 Juni 2019. Ia menjadi satu dari ribuan pencari kerja yang direkomendasikan Plt Bupati Cianjur, untuk mendapat pekerjaan di salah satu pabrik garmen terbesar di Cianjur.*/SHOFIRA HANAN/PR

IIS Salsiah (18) tak pernah menyangka, jika kedatangannya ke job fair Cianjur akan menjadi rezeki tersendiri. Gadis bertubuh mungil asal Kecamatan Cugenang itu, menjadi satu dari ribuan pencari kerja yang direkomendasikan untuk mendapat pekerjaan oleh Plt Bupati Cianjur Herman Suherman.

Berawal saat Iis diketahui membantu Herman memungut sampah di area Lapangan Prawatasari, tempat diselenggarakannya jobfair 2019. Saat itu, gadis itu menjadi satu-satunya orang yang ikut mengambil sampah bersama Herman.

Herman pun segera memanggil Iis untuk naik ke atas panggung, ia sangat berterimakasih atas tindakan gadis tersebut. “Dia membantu saya untuk memungut sampah, dari sekian banyaknya orang, hanya dia yang membantu,” kata Herman di panggung pembukaan jobfair bersama Iis, Selasa, 25 Juni 2019.

Ribuan pencari kerja yang menyaksikan sontak bergemuruh, saat Herman kemudian meminta perusahaan yang akan dituju Iis memprioritaskan dia untuk mendapat pekerjaan. Ia mengatakan, Iis menjadi satu dari sekian banyak orang yang dinilai pantas untuk mendapat pekerjaan karena tindakan positifnya.

Menurut dia, sudah sepantasnya kepedulian terhadap lingkungan menjadi prioritas semua orang. Apalagi, kegiatan jobfair yang dikunjungi ribuan orang itu berpotensi menghasilkan sampah dengan jumlah besar.

“Saya harap, apa yang dilakukan Iis ini bisa menjadi contoh untuk kita semua. Biarpun terlihat kecil, tapi apa yang dilakukan Iis adalah contoh besar untuk semua orang,” ujar Herman disambut tepuk tangan pengunjung.

Atas rekomendasi dari Herman, Iis pun diprioritaskan untuk bisa melamar dan mendapat pekerjaan di salah satu pabrik garmen terbesar Cianjur. Menurut dia, hal itu menjadi salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap perilaku Iis.

Sementara itu, Iis pun mengaku bahagia atas apresiasi Plt Bupati Cianjur yang secara mendadak memintanya naik ke atas panggung. Ditambah lagi, ia menjadi salah satu pencari kerja yang diminta untuk diistimewakan oleh perusahaan tempat dia akan melamar kerja.

“Saya sangat bahagia dan bersyukur. Sebenarnya sejak awal saya sudah sedih, melihat banyak sampah di lokasi ini padahal acara baru dimulai,” ujar Iis dengan mata yang berkaca-kaca.

Ia mengaku, hanya berusaha menjaga kebersihan dengan memungut sampah yang dilihatnya. Kebetulan, Plt Bupati tengah berada di dekatnya saat ia mengambil sampah. Iis sangat berterimakasih kepada semua pihak yang memberikan penghargaan kepadanya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena telah membuka peluang kerja, melalui job fair tersebut.***

Bagikan: