Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sedikit awan, 20.9 ° C

Warga Kini Bisa Akses Internet Secara Gratis

Tim Pikiran Rakyat
SEJUMLAH warga sedang memanfaatkan wi-fi gratis yang dipasang Pemkab Sumedang, di Alun-alun Tegalkalong.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN
SEJUMLAH warga sedang memanfaatkan wi-fi gratis yang dipasang Pemkab Sumedang, di Alun-alun Tegalkalong.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN

SUMEDANG,(PR).- Pemerintah Kabupaten Sumedang, melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskipas), kini telah berhasil memasang 68 titik spot wifi di seluruh wilayah Sumedang.

Puluhan spot wi-fi yang dipasang di ruang publik ini, semuanya bisa dengan mudah diakses oleh warga secara gratis. Demikian disampaikan Kepala Bidang Informatika Diskipas Kab. Sumedang, Kemal Idris, Minggu 23 Juni 2019.

Menurut Kemal, pemasangan wifi gratis di setiap ruang publik ini, merupakan bagian dari Program Sumedang Simpati dalam rangka memudahkan pelayanan kepada masyarakat.
 
"Program pemasangan wifi gratis ini dalam rangka e-Goverment. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan publik," ujar Kemal.

Sebab seperti diketahui, pola pemerintahan elektronik atau e-Government yang kini diterapkan di Pemkab Sumedang, mengharuskan semua SOPD untuk dapat menyediakan layanan informasi secara online.

Dalam kata lain, setiap OPD di Lingkungan Pemkab Sumedang, harus sudah mulai bisa memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan teknologi.

"Melalui e-Goverment ini, pemerintah bisa lebih mudah melakukan pengelolaan administrasi publik untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis," katanya kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.

Dijelaskan Kemal, terkait pemasangan wifi gratis, Pemkab sendiri sejauh ini menargetkan bisa memasang di 77 titik ruang publik. Dan pemasangan ini akan dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

"Yang pasti, sampai sekarang baru ada 68 titik spot wifi yang sudah terpasang," ujarnya.

Pemasangan wifi gratis ini, lanjut Kemal, selain ada di pusat kota seperti Alun-alun Sumedang, Bundaran Binokasih, dan Tegalkalong, dipasang juga di setiap ruang publik di sekitaran kantor-kantor kecamatan.

"Tinggal tiga kecamatan lagi yang belum dipasang wi-fi, yakni Kecamatan Rancakalong, Sukasari, dan Cimanggung. Kecamatan lainnya sudah semua kami pasang, termasuk daerah-daerah yang blank spot juga kami pasang. Jadi sekarang warga bisa dengan mudah mengakses informasi pemerintahan, termasuk mengkases layanan pemerintah melalui internet secara gratis," ujarnya. ***

Bagikan: