Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Sedikit awan, 25.2 ° C

Diserahkan ke Pemprov, Terminal Pangandaran Belum Ada Peningkatan

Tim Pikiran Rakyat

AKTIVITAS di terminal tipe B Pangandaran yang merupakan pusat kegiatan alat transportasi antardaerah maupun antarprovinsi, Rabu, 19 Juni 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
AKTIVITAS di terminal tipe B Pangandaran yang merupakan pusat kegiatan alat transportasi antardaerah maupun antarprovinsi, Rabu, 19 Juni 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Terminal Pangandaran sudah dinaikan statusnya menjadi terminal tipe B. Kini terminal Pangandaran sudah dilimpahkan asetnya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, sehingga pengelolaannya diambil alih oleh Dinas Perhubungan Provinsi.

Terminal tipe B ini merupakan sarana penunjang bagi pariwisata dan perekonomian masyarakat di Kab. Pangandaran. Namun sejak dilimpahkannya aset tersebut hingga kini belum ada peningkatan baik dari segi sarana prasarana dan fasilitas di terminal Pangandaran.

Saat dikonfirmasi Koordinator Terminal Pangandaran, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dadan Hamdani mengatakan, bahwa sampai saat ini area terminal Pangandaran belum bisa ditingkatkan. Pasalnya, menurut Dadan, masih terkendala dengan pelimpahan aset dari pemerintah daerah ke pemerintah provinsi.

"Kalau untuk aset bangunan gedungnya sih sudah beres. Tinggal aset lahan terminalnya saja yang masih dalam proses pelimpahan, kan ada batas lahan antara pasar Pananjung dengan terminal yang belum ditentukan titik-titiknya," ujar Dadan, Rabu, 19 Juni 2019.

Sementara Kasi Ops UPT Pengelolaan Prasarana Perhubungan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (P3 LLAJ) Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Bambang Susilo menambahkan, ke depannya terminal Pangandaran akan terintegrasi dan terkonekting dengan Kantor Pusat Dinas Perhubungan Provinsi  Jawa Barat, Kementrian Perhubungan melalui aplikasi daring untuk sistem pelaporan kendaraan umum.

Untuk sementara, kata Bambamg, yang sudah terkonekting dengan aplikasi daring baru di terminal tipe B  terminal Singaparna Kab. Tasikmalaya, Pamengpeuk Kab. Garut dan terminal Pangandaran di Kab. Pangandaran.

"Untuk jangka panjangnya aplikasi daring akan terkonekting ke semua terminal tipe B se-Jawa Barat," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.***

Bagikan: