Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 28 ° C

Kecelakaan dan Kebakaran di Tol Cipularang Akibat Truk Bermasalah

Hilmi Abdul Halim
KECELAKAAN beruntun kendaraan di tol Cipularang.*/HILMI ABDUL HILMI/PR
KECELAKAAN beruntun kendaraan di tol Cipularang.*/HILMI ABDUL HILMI/PR

PURWAKARTA, (PR).- Kondisi truk yang bermasalah diduga menyebabkan kecelakaan beruntun dan kebakaran kendaraan di tol Cipularang dalam dua hari berturut-turut. Dalam kejadian kecelakaan beruntun, polisi juga menyelidiki dugaan faktor kelalaian manusia.

Hingga sekarang, Kepolisian Resor Purwakarta belum menetapkan tersangka dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan tujuh kendaraan itu. "Masih dalam pemeriksaan terhadap saksi-saksi," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta Ajun Komisaris Ricky Adi Pratama, Selasa, 18 Juni 2019.

Kecelakaan tersebut terjadi sehari sebelumnya di ruas jalan tol Cipularang kilometer 95-200. Kendaraan yang terlibat di antaranya, truk peti kemas (bernomor D 9455 AC), bus angkutan umum (B 7985 TGA), microbus travel, kendaraan pickup dan tiga unit kendaraan pribadi berbagai merek.

Kondisi paling parah dialami truk peti kemas yang terguling menimpa salah satu kendaraan minibus pribadi yang dikemudikan Idris Ibnu Malik (29). Akibatnya, kendaraan pribadi bernomor polisi B 2202 BOG mengalami kerusakan sangat parah.

Meskipun demikian, pengemudi kendaraan tersebut hanya dilaporkan mengalami luka ringan. "Tidak ada yang meninggal dunia atas kejadian ini, korbannya mengalami luka-luka karena benturan," kata Kepala Polres Purwakarta, Ajun Komisaris Besar Matrius.

Petugas mencatat jumlah korban luka ringan dalam kecelakaan tersebut berjumlah delapan orang. Mereka diketahui sebagai penumpang di kendaraan pribadi dan langsung mendapatkan penanganan medis di rumah sakit Thamrin Kecamatan Bungursari.

Matrius menceritakan kronologi kecelakaan beruntun kali ini berawal dari truk kontainer yang dikemudikan Reynaldi Basri (21). "Kendaraan ini (truk) mengalami gangguan fungsi rem. Selain itu juga kinerja roda-roda ban tidak maksimal, kurang menapak di aspal karena dari 12 ban ada enam di antaranya yang sudah gundul," kata Matrius.

Kondisi kendaraan yang kurang terawat itu juga diperburuk kemampuan pengemudi truk. Matrius mengatakan, supir tersebut diketahui baru mengemudikan truk untuk pertama kalinya untuk menggantikan supir utama yang tengah sakit.

Truk bermuatan cat itu melaju dari arah Bandung menuju Jakarta menggunakan lajur cepat yang biasa digunakan oleh kendaraan kecil untuk menyusul kendaraan lainnya. Truk tiba-tiba hilang kendali di jalan lurus yang sedikit menurun dan menabrak enam kendaraan di sebelah kirinya.

Sementara itu, satu unit truk bernomor N 8547 RD juga dilaporkan terbakar di ruas jalan tol Cipularang kilometer 86 arah Bandung pada Selasa siang. Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta yang mendatangi lokasi menduga penyebab kebakaran dari arus pendek listrik.

"Dugaan sementara akibat arus pendek pada mesin pendingin (freezer)," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Purwakarta Wahyu Wibisono. Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Supir truk bernama Toni Widi Hartato mengaku baru menyadari kendaraannya terbakar dari bagian belakang ruang kemudi. Truk mengalami kerusakan parah akibat kebakaran tersebut termasuk menghanguskan muatan berupa sosis kemasan.***

Bagikan: