Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 22 ° C

Persediaan Darah di PMI Kosong, Keluarga Pasien Kecewa

Tim Pikiran Rakyat
SALAH seorang warga sedang mendonorkan darahnya di bus unit donor darah di Alun-alun Subang.*/DALLY KARDILAN/GALAMEDIA
SALAH seorang warga sedang mendonorkan darahnya di bus unit donor darah di Alun-alun Subang.*/DALLY KARDILAN/GALAMEDIA

SUBANG, (PR).- Sejak akhir bulan Ramadan hingga pascalebaran persediaan darah di PMI Subang kosong. Akibatnya banyak  keluarga pasien kecewa saat datang ke unit transfusi darah (UTD) PMI di Jalan KS Tubun nomor 6 Subang.

"Memang sejak pertengahan puasa dan libur lebaran kita kesulitan stock untuk memenuhi kebutuhan pasien rutin talasemia dan rumah sakit," kata koordinator  Subang, Lusi Hendri Astuti saat ditemui di mobil bUs unit transfusi di depan Alun-alun jalan Wangsa Gofar ana, Subang, Sabtu 15 Juni 2019. 

Pihaknya terus berusaha melakukan berbagai upaya  berkoordinasi dengan lembaga dan organisasi termasuk menjadwal ulang yang rutin menyelenggarakan donor darah. "Selama bulan puasa kita full time melayani malam termasuk donor di beberapa gereja. Bahkan mencoba kendaraan unit standby di depan Alun-alun setiap malam minggu," ujarnya. 

Oleh karena itu diharapkan kepada masyarakat baik yang sudah tetap tercatat sebagai pendonor maupun bukan untuk sukarela kembali mendonorkan darahnya. Jangan sampai keluarga pasien kalap dan kecewa. Sebaliknya bila stok darah mencukupi sehingga dapat digunakan untuk keperluan transfusi. 

Pantauan wartawan Galamedia, Dally Kardilan,  beberapa warga yang sedang jalan-jalan dan menikmati malam mingguan pun ada yang sengaja datang dan mendonorkan darahnya. "Alhamdulilah sudah ada beberapa orang yang sukarelawan mendonorkan darahnya," kata petugas UTD, Fajar.

Sabtu siang sebelumnya jadwal rutin dilaksanakan di RW O6 perumahan Griya Pesona Praja di Cina ngsi Kecamatan Di bogor, Subang atas inisiatif Ketua RWnya Ikhlas M Simon memperoleh 24 labu terdiri dari golongan A 6, B 6, O 10 dan AB 2.***

Bagikan: