Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Umumnya berawan, 20 ° C

Bakar Sampah Sembarangan, 1 Rumah dan 4 Ruang Kuliah Terbakar

Agung Nugroho

FOTO ilustrasi kebakaran.*/DOK. KABAR BANTEN
FOTO ilustrasi kebakaran.*/DOK. KABAR BANTEN

SUMBER, (PR).- Satu unit rumah dan empat ruang kuliah terbakar gara-gara tersambar api dari tempat pembakaran sampah yang  dilakukan sembarangan, pada Minggu 16 Juni 2019, pukul 12.01 WIB.

Rumah milik Ahadun, warga Blok Kebon Turi, Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, ludes terbakar.

Terbawa angin, jilatan api juga merambat dan membakar Kampus STIKES YABKESBI hingga empat ruang kuliahnya ikut hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian diduga mencapai ratusan juta rupiah.

Sejak dilaporkan pertama kali, api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian sekitar pukul 13.00 WIB lebih setelah enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

Kepala Seksi Tanggap Darurat Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, Eno Sujana menjelaskan, api berasal dari sampah yang dibakar di tempat sembarangan, tidak jauh dari rumah korban dan kampus STIKES.

Tidak jelas siapa warga yang telah membakar sampah. Hana saja, tiba-tiba sampah yang terbakar terbawa angin dan hinggap di rumah korban serta Kampus STIKES. Korban Ahadun tidak bisa berbuat apa-apa saat api melumat rumahnya. Begitu juga saat si jago merah melalap kampus STIKES yang kebetulan sepi karena hari libur.

Eno meminta warga untuk tidak sembarangan membakar sampah, apalagi saat musim kemarau yang disertai embusan angin cukup kencang pada siang hari.***

Bagikan: