Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 17.1 ° C

Nelayan di Pangandaran Enggan Melaut

Tim Pikiran Rakyat
AKTIVITAS pedagang ikan laut di pasar Pananjung Pangandaran sedang melayani pembeli, Jumat, 14 Juni 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
AKTIVITAS pedagang ikan laut di pasar Pananjung Pangandaran sedang melayani pembeli, Jumat, 14 Juni 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Banyak nelayan khususnya di Pangandaran enggan berangkat melaut sehingga tempat pelelangan ikan jadi sepi. Kondisi berawal dengan adanya imbauan dari BMKG tentang danya gelombang tinggi yang berlangsung sejak tanggal 13 hingga 16 Juni 2019 besok.

Wakil Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab Pangandaran, Fuad Husen mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerima informasi terkait kondisi gelombang tinggi yang terjadi di perairan laut bagian selatan pulau Jawa.

Menurut Fuad, banyak nelayan di Pangandaran lebih memilih tidak pergi melaut dan memarkirkan perahunya di dermaga.

"Ada juga sih nelayan yang memaksakan pergi melaut, tapi tidak sampai jauh ketengah, mengingat gelombang tinggi kadang muncul tiba-tiba," ujar Fuad, Jumat, 14 Juni 2019.

Minimnya nelayan yang pergi menangkap ikan di laut, menurut Fuad jelas harga ikan akan melonjak. "Kalau ikannya langka jelas harganya akan naik," ucapnya kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.

Perhatikan keselamatan

Di tempat terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Pangandaran, Nana Ruhena membenarkan adanya informasi tentang gelombang tinggi yang terjadi di perairan laut baguan selatan pulau Jawa.

"Tinggi gelombang untuk di wilayah perairan laut Pangandaran di kisaran 2,5 meter," ujar Nana.

Dirinya mengimbau kepada nelayan yang hendak melaut agar berhati-hati dan melengkapi peralatan untuk keselamatan.

"Diharapkan nelayan supaya terus mengikuti perkembangan cuaca melalui aplikasi resmi atau papan informasi dari BMKG di saat hendak pergi melaut. Yang penting waspada aja," ucapnya.

Sedangkan untuk kondisi si obyek wisata pantai Pangandaran hingga saat ini menurut Nana, aman dan masih dipadati oleh para pengunjung wisata yang tengah menghabiskan masala liburannya di Pangandaran.

Sementara di pasar Pananjung, Pairan salahsatu pedagang ikan laut mengaku persediaan ikan laut di pasaran masih aman.

"Harga pun masih normal, kan masih ada stok ikan yang lama yang belum terjual," ujar Pairan, seraya dirinya mengatakan untuk jenis ikan jambean masih di harga Rp 33.000 perkilogramnya.***

Bagikan: