Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 19.1 ° C

Penumpang Diberikan Diskon, BIJB Kertajati Mulai Layani Penerbangan Antarpulau Mulai 15 Juni 2019

Tim Pikiran Rakyat
Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati akan mulai diisi penerbangan antarpulau yang dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung, mulai 15 Juni 2019.*/ADE BAYU INDRA
Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati akan mulai diisi penerbangan antarpulau yang dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung, mulai 15 Juni 2019.*/ADE BAYU INDRA

MAJALENGKA, (PR).- Terhitung mulai 15 Juni 2019, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati secara efektif mulai melayani pengalihan penerbangan antarpulau yang semula dari bandara Husein Sastranegara. Akan tetapi, baru satu maskapai yang akan memulai penerbangan di sana, yaitu Lion Air.

Hal tersebut disampaikan Direktur PT BIJB, M Singgih, usai melakukan rapat tertutup dengan Dirjen Kementerian Perhubungan Udara di Kantor PT BIJB, Rabu, 12 Juni 2019. Lion Air akan memulai penerbangan pada 15 Juni 2019, sementara pembahasan untuk maskapai lainnya seperti Garuda Indonesia dan Air Asia masih menunggu tiga hari ke depan sekaligus melakukan penyelesaian administrasi pemindahan tersebut.

“Pemindahan ini dilakukan hanya saja tetap bertahap, kami menunggu tiga hari kedepan. Garuda dan Air Asia menunggu penyelesaian administrasi,” ungkap Singgih, seperti dilaporkan Tati Purnawati dari Kabar Cirebon.

Menurutnya, maskapai Lion Air semula hanya akan mengaihkan sembilan rute penerbangan. Namun kini, Lion Air justru melayani 12 rute penerbangan dari BIJB Kertajati.

Sembilan rute yang direncanakan sejak awal adalah dari Kertajati ke Kualanamu Sumatera Utara (KNO), Pontianak Kalimantan (PNK), Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin (BDJ), Bandara Sultan Aji Sulaiman Balikpapan (BPN), dan Bandara Sultan Hasanudin Makasar (UPG). Selain itu, rute yang dilayani juga menuju Bandara I Gusti Ngirah Rai Denpasar Bali (DPS), Bandara Selaparang Lombok (LOP),  Bandara Hang Nadim Batam (BTH), serta Bandara Sultan Syarif Kasim II (PKU)  Kota Pekanbaru.

FOTO aerial Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka, Rabu 28 Maret 2018. Bandara Kertajati perlahan, tetapi pasti akan terus meningkat pada 2019 dibarengi dengan kehadiran infrastruktur baru lain.*/ANTARA

BIJB Kertajati sudah bersiap dari segi teknis dan sarana-prasarana

Kehadiran Dirjen Perhubungan Udara ke Bandara Kertajati untuk mengecek kesiapan Air Port untuk menerima pengalihan penerbangan. Hasil pengecekan memperlihatkan Bandara Kertajati sudah benar-benar siap dan telah memenuhi unsur teknis sesuai persyaratan pengoperasian penerbangan.

Menurut M Singgih, lampu-lampu penerangan di jalan dan bandara sudah benar-benar siap tanggal 14 Juni 2019. Demikian halnya dengan angkutan antarmoda, termasuk angkutan online. Sejumlah perusahaan transportasi telah melakukan kerjasama dan pada saatnya semua sudah siap melayani para penumpang dari dan menuju Bandara Kertajati.

Menyinggung soal kesiapan penumpang, Singgih mengatakan, dengan adanya pengalihan rute tersebut, penumpang yang semula akan berangkat dari Bandung atau menuju Bandung kini secara otomatis dialihkan ke Kertajati. “Hingga saat ini tidak mendengar adanya pembatalan dari para penumpang maskapai. Karena, pengalihan rute penerbangan secara otomatis, yang sudah memesan tiket akan melakukan penerbangan dari Kertajati atau menuju Kertajati,” katanya.

Selain itu, untuk menarik penumpang, pihaknya juga memberikan diskon khusus bagi para penumpang maskapai sebesar 50 persen. Tiket pesawat yang disebut mahal pun akan terasa murah dengan adanya diskon. “Dengan demikian, semua sisi akan sangat menguntungkan, “ kata M Singgih.***

Bagikan: