Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sebagian berawan, 19.9 ° C

Musim Kemarau, Waspadai Kebakaran

Tim Pikiran Rakyat
PETUGAS BPBD Kabupaten Pangandaran saat memantau kondisi cuaca dan iklim di ruang Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) yang berada di jalan raya Parigi, Rabu, 12 Juni 2019.*/AGUS KUSNADI/PR
PETUGAS BPBD Kabupaten Pangandaran saat memantau kondisi cuaca dan iklim di ruang Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) yang berada di jalan raya Parigi, Rabu, 12 Juni 2019.*/AGUS KUSNADI/PR

PARIGI,(PR),- Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran mengimbau masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Pangandaran, untuk berhati-hati dan menjaga lingkungan, terutama terhadap bahaya kebakaran di hutan.

Pasalnya, menurut Kepala Pelaksana BPBD Kab Pangandaran, Nana Ruhena, ada beberapa titik rawan kebakaran hutan terutama di hutan yang ada di wilayah Kecamatan Sidamulih, Langkaplancar, Cigugur, Kalipucang. Kecamatan Pangandaran merupakan wilayah yang rawan kebakaran.

Nana berharap kepada warga agar tetap waspada dan jangan membuang puntung rokok yang masih menyala sembarangan, serta tidak meninggalkan bekas pembakaran sampah yang masih ada baranya. Keduanya dikhawatirkan memicu terjadinya kebakaran di hutan.

"Pastikan sisa-sisa bara api sudah (padam), dan disiram air supaya benar-benar padam," ujar Nana, Rabu, 12 Juni 2019.

Untuk di pemukiman, warga jangan meninggalkan rumah dalam keadaan tungku api, kompor, dan lampu minyak, atau lilin masih dalam keadaan menyala, juga tidak membakar sampah sembarangan.

Nana juga mengatakan, untuk penanganan bemcana kebakaran pihaknya hanya mengandalkan 1 unit kendaraan pemadam kebakaran, pasalnya 1 unit kendaraan Damkar yang dilimpahkan oleh Kab Ciamis sudah tidak berfungsi.

"Paling buat bantu bawa air aja, soalnya mesin pompanya sudah tidak berfungsi," ujarnya seperti dilaporkan Agus Kusnadi, wartawan Kabar Priangan.

Bahkan kabarnya, Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Bupati Jeje Wiradinata merencanakan untuk penambahan kendaraan unit pemadam kebakaran di Kabupaten Pangandaran.

"Kita usulkan nambah dua dulu untuk kendaran unit Damkar," ucap Jeje.***

 

Bagikan: