Pikiran Rakyat
USD Jual 14.426,00 Beli 14.126,00 | Sedikit awan, 22.6 ° C

Festival Jajanan Gratis Meriahkan HUT ke-377 Kabupaten Ciamis

Nurhandoko
RATUSAN warga menyerbu jajanan gratis dalam rangka HUT ke-377 Kabupaten Ciamis di Jalan Galuh belakang DPRD Ciamis, Rabu 12 Juni 2019.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR
RATUSAN warga menyerbu jajanan gratis dalam rangka HUT ke-377 Kabupaten Ciamis di Jalan Galuh belakang DPRD Ciamis, Rabu 12 Juni 2019.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

CIAMIS, (PR).- Ratusan warga menyerbu beraneka jajanan gratis yang dibagikan di Jalan Galuh, belakang Gedung DPRD Ciamis, Rabu 12 Juni 2019. Karena banyaknya warga yang datang, hanya dalam waktu sekejap, 6.880 kemasan aneka jajanan yang disediakan 141 pedagang kaki lima habis.

Kegiatan bagi-bagi jajanan gratis tersebut khusus diadakan dalam rangka memeringati HUT ke-377 Kabupaten Ciamis. Berbeda dengan sebelumnya, kegiatan yang langsung melibatkan masyarakat itu menjadi ajang silaturahmi sesama warga usai Lebaran.

Kegiatan diawali penyerahan secara simbolis kupon jajan gratis oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya kepada warga yang sudah menunggu sejak pukul 8.00. Setelah mendapatkan kupon, warga langsung bebas memilih makanan yang disukai dengan menyerahkan kupon yang sebelumnya sudah dibagikan. Satu kupon hanya dapat ditukar dengan satu jenis jajanan. 

Begitu masuk area jajan gratis yang dibuka sekira pukul 12.10, warga langsung menyerbu jajanan yang disediakan pedagang kaki lima. Sebelum pintu dibuka, banyak warga, terutama yang membawa anak kecil merasa kesal karena harus menunggu sangat lama.

Namun demikian, raut wajah yang sebelumnya tampak kaku berubah menjadi cerah begitu mereka dipersilakan masuk lokasi.  Aneka jajanan seperti es buah, makaroni goreng, cimol, sate, nasi tutug oncom, nasi ayam, bubur lemu, dan lontong habis dalam sekejap.

RATUSAN warga menyerbu jajanan gratis dalam rangka HUT ke-377 Kabupaten Ciamis di Jalan Galuh belakang DPRD Ciamis, Rabu 12 Juni 2019.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

Tidak sedikit di antara warga yang menenteng hingga lima kemasan makanan. Setelah mendapat makanan yang diinginkan, mereka langsung meninggalkan lokasi.

“Tidak seperti biasanya ketika pukul 8.00 atau paling lambat pukul 9.00 sudah buka, sekarang pukul 12.00 baru dibuka, padahal datang ke lokasi sejak pagi. Mestinya ada pemberitahuan terlebih dahulu sehingga datang bisa lebih siang. Ini pelajaran bagi panitia,” ujar Endang, warga Ciamis yang datang bersama anaknya.

Hal serupa juga dikatakan Dedeh dan Euis, pengunjung lainnya. Meski sempat kesal karena harus menunggu lama, mereka cukup puas dengan jajanan yang didapat. “Saya dapat es buah, nasi ayam, dan makaroni. Dapat jajan, capai juga hilang,” tutur Euis.

Pemberdayaan UKM dan PKL

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi wakilnya, Yana D Putra, Ketua DPRD Nanang Permana, Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, serta Komandan Kodim 0613 Letkol Arm. Tri Arto Subagio mengatakan, selain menyediakan jajanan gratis, kegiatan itu juga dapat menjadi ajang silaturahmi antarwarga.

“Ini juga sebagai ungkapan syukur serta berbagai kebahagiaan memeringati HUT ke-377 Kabupaten Ciamis,” tutur Herdiat Sunarya.

Sementara itu, Kasi Distribusi Barang dan Perlindungan Konsumen, Dinas KUKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis Dini Kusliani mengatakan, aneka jajanan yang disediakan berasal dari 141 pedagang kaki lima yang biasa mangkal di sekitar Alun-alun Ciamis, Taman Rafflesia, serta Masjid Agung Ciamis.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk menyambut hari jadi Kabupaten Ciamis, tetapi juga sekaligus pemberdayaan UKM dan PKL. Kami melihat antusiasme masyarakat mendapatkan jajanan gratis,” tutur Dini Kusliani.

Dia mengatakan. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini tidak ada nominal dalam kupon, tetapi satu kupon ditukar dengan satu jenis makanan.

Kirab pataka Ciamis

Menjelang puncak acara HUT ke-377 Kabupaten Ciamis yang digelar dalam Rapat Paripurna DPRD Ciamis, Rabu 12 Juni 2019, dilakukan kirab pataka atau bendera lambang Kabupaten Ciamis. Arak-arakan dimulai dari halaman Pendopo menuju Gedung DPRD.

BUPATI Ciamis Herdiat Sunarya beserta Wakil Bupati Yana D Putra dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah berjalan mengikuti kirab pataka memeringati HUT ke-377 Kabupaten Ciamis, Rabu 12 Juni 2019. Kirab dimulai dari Pendopo menuju Gedung DPRD.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

Tampak ikut dalam barisan arak-akaran yakni Herdiat Sunarya, Yana D Putra, Bismo Teguh Prakoso, Tri Arto Subagio, dan  unsur Forkopimda lainnya. Di belakangnya terdapat barisan kepala dinas dan tokoh masyarakat lainnya.

Sesampainya di gedung wakil rakyat, rombongan disambut Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana. Selanjutnya, pataka dibawa masuk ruang sidang paripurna DPRD Ciamis.***

Bagikan: