Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.2 ° C

SMPN1 Kota Bekasi Jadi Sekolah dengan Nilai UN Tertinggi di Jawa Barat

Riesty Yusnilaningsih
*/DOK. PR
*/DOK. PR

BEKASI, (PR).- SMPN 1 Kota Bekasi menorehkan prestasi membanggakan dengan tampil sebagai sekolah terbaik yang sanggup mencatat nilai rerata Ujian Nasional tertinggi di seluruh Jawa Barat. Dengan rerata nilai UN 88,65, SMPN 1 Kota Bekasi juga bertengger pada peringkat ke-38 secara nasional di antara seluruh SMP negeri di Indonesia.

Dari 348 siswa kelas IX yang mengikuti UN, beberapa di antaranya bahkan berhasil menorehkan nilai sempurna 100 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, juga Bahasa Indonesia. Capaian tersebut disebut Kepala SMPN 1 Kota Bekasi Euis Siti Halimah sebagai buah dari kerja keras yang ditunjukan tenaga pendidik juga para siswa.

"Memang kebanyakan siswa mengikuti lagi bimbingan belajar di luar sekolah, tapi di sekolah pun kami memberikan bimbingan pelajaran tambahan juga untuk kian mengasah pemahaman mereka," kata Euis saat dihubungi, Senin, 10 Juni 2019.

Di sekolah, guru-guru selalu memberikan penguatan pemahaman akan materi-materi yang diujikan. Lalu setiap akhir pekan, digelar 'try out' untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. "Jika masih ada yang kesulitan akan materi tertentu, dibuatkan grup-grup kelompok yang bisa dijadikan tempat 'sharing' dan konsultasi," katanya.

Selain itu, kata Euis, para orang tua pun turut memiliki andil dalam pencapaian prestasi ini karena di rumah pun mereka selalu aktif mengawasi anak-anaknya untuk rutin mengerjakan bank soal yang diberikan sekolah. Torehan prestasi ini akan dijadikan Euis sebagai motivasi untuk perbaikan prestasi di tahun-tahun mendatang.

"Jika tahun ini ada siswa yang bisa menorehkan nilai sempurna untuk tiga mata pelajaran, tahun selanjutnya semoga untuk mata pelajaran IPA terpadu juga ada yang bisa mencapai nilai sempurna," ucapnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah berharap supaya torehan prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan dan menjadi motivasi bagi seluruh guru dan siswa untuk terus meningkatkan prestasi di bidang lainnya. "Harus terus dipertahankan prestasi ini, jangan hanya puas di sini saja. Namun ini menjadi motivasi semuanya untuk terus meningkatkan prestasi kembali, agar Kota Bekasi yang Cerdas dapat terus diwujudkan," katanya.***

Bagikan: