Pikiran Rakyat
USD Jual 13.961,00 Beli 14.059,00 | Umumnya berawan, 17.5 ° C

Penumpang Bus Harus Menunggu hingga 8 Jam 

Tim Pikiran Rakyat
PENUMPANG menunggu kedatangan bus di Terminal Banjar hingga 8 jam, Minggu 9 Juni 2019.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN
PENUMPANG menunggu kedatangan bus di Terminal Banjar hingga 8 jam, Minggu 9 Juni 2019.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN

BANJAR,(PR).- Ratusan penumpang bus tujuan Bandung dan Jabodetabek telantar di Terminal Tipe A Kota Banjar, Minggu 9 Juni 2019.  Mereka diharuskan menunggu kedatangan bus sekitar 8 jam di Terminal Banjar. 

"Kami menunggu jadwal berangkat bus sejak pukul 09.00 WIB. Informasinya datang bus pukul 17.00 WIB. Sampai sore hari ini, bus yang ditunggu belum juga datang ke terminal," ujar seorang calon penumpnag bus di Terminal Banjar, Lisna (33). Hal yang serupa dialami penumpang lainnya, seperti Rudi (47) dan Ny.Romlah (42). 

Mereka mengakui, akibat keterlambatan bus datang ke terminal Banjar, terakhir banyak penumpang yang telantar. Akibatnya terpaksa mengeluarkan uang jajan besar, karena terlalu lamanya menunggu bus itu.

"Beralih naik kereta api sudah tanggung di terminal. Kondisi mendadak, tak mungkin mendapatkan tiket kereta api lagi," ujar Ny. Romlah yang diiyakan Rudi.

Berlatar situasi yang "kepepet" tersebut, otomatis dirinya harus menunggu bus reguler datang. "Perihal bus bantuan untuk angkutan lebaran, kami tak mengetahui keberadaan dan jadwal berangkatnya," ujar Lisna kepada wartawan Kabar Priangan, Dede Iwan. 

Imbas kemacetan

Pelaksana Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Banjar, Dede Alyudin, menyatakan, penyebab banyaknya penumpang bus yang belum diberangkatkan dari Terminal Banjar, di antaranya imbas kemacetan lalu lintas di Jakarta dan Bandung.

"Kemacetan itu menimbulkan bus terlambat datang, menjemput penumpang di Terminal Banjar. Walaupun saat ini sudah diberlakukan one way," ujar Dede Alyudin. 

Menurut dia, banyaknya penumpang di Terminal Banjar sekarang ini, istilahnya bukan penumpang telantar, tetapi itu akibat terlambat diangkut bus saja. 

Terkait keberadaan bus angkutan lebaran, dikatakan dia, sampai pukul 13.00 WIB sudah diberangkatkan 7 bus. Di antara penumpangnya itu memiliki tujuan Bekasi, Rambutan, Cikarang dan Jakarta. 

"H+3 Lebaran, bus bantuan yang diberangkatkan mencapai 20 pemberangkatan," ujarnya seraya menjelaskan, selama arus mudik dan balik Lebaran 1440 H/2019 M, kondisi keamanan di Terminal Banjar aman. Tidak ada laporan korban copet, hipnotis dan korban kriminal lainnya.

Adapun keberangkatan bus dari Terminal Banjar H+1,  terdata 202 bus dengan penumpang 1.701 orang. Sementara, bus datang ke Terminal Banjar berjumlah 86 bus dengan penumpang 499 orang.

Pada H+2, 8/6/2019, keberangkatan 192 bus dengan penumpang 2935 orang. Kedatangan bus 79 bus dengan penumpang 353 orang.***
 

Bagikan: