Pikiran Rakyat
USD Jual 14.393,00 Beli 14.093,00 | Sebagian berawan, 23.3 ° C

Pelayanan Publik Langsung Beroperasi

Tommi Andryandy
ILUSTRASI  pelayanan publik.*/RIESTY YUSNILANINGSIH/PR
ILUSTRASI pelayanan publik.*/RIESTY YUSNILANINGSIH/PR

CIKARANG, (PR).- Pelayanan publik di sejumlah satuan kerja perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi langsung beroperasi pascalibur Idulfitri, Senin 10 Juni 2019. Di sisi lain, tingkat kehadiran aparatur sipil negara di hari pertama kerja pun terbilang tinggi.

Berdasarkan pantauan “PR”, hari pertama kerja diawali dengan apel pagi rutin. Namun, kali ini jumlah peserta apel terlihat lebih banyak dari biasanya. Apel pun dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Bupati Eka Supria Atmaja di Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat.

“Saya sangat mengapresiasi tingkat kehadiran para ASN di lingkungan Pemkab Bekasi. Ini menjadi hal yang baik karena rasa tanggung jawab mereka terhadap pekerjaannya. Maka dari itu tadi saya sampaikan maaf lahir batin sekaligus berterima kasih atas tingginya kehadiran ASN di hari pertama,” kata Eka, usai memimpin apel sekaligus bersalaman bersama seluruh ASN.

Berdasarkan data Badan Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bekasi, tingkat kehadiran mencapai 99 persen. Tercatat hanya ada 14 ASN yang tidak hadir pada hari pertama, di antaranya disebabkan karena mengajukan cuti (13 orang) dan mengajukan izin (1 orang).

Sementara itu, pelayanan publik di sejumlah SKPD pun telah beroperasi normal. Warga yang tengah mengurus administrasi kependudukan mulai memadati loket di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Begitupun mereka yang sedangkan melakukan pembayaran pajak di Dinas Pendapata Daerah maupun yang mengajukan izin di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Meski demikian, di dua kedinasan terakhir, jumlah pemohon tidak sepadat biasanya.

“Tidak menjadi persoalan berapa jumlah yang mengajukan permohonan ini dan itu, yang jelas kami siap dulu melayani. Jangan sampai ada masyarakat yang tidak terlayani. Sudah jauh-jauh ke pemkab tapi tidak ada petugasnya. Tapi saya pantau tadi sudah mulai beroperasi, bahkan dari pagi loket sudah seluruhnya dibuka. Ini tentu sangat baik,” ucap Eka yang turut meninjau pelayanan di Dispenda dan DPMPTSP.

Tidak hanya pelayanan, Eka memastikan seluruh program Pemkab Bekasi di setiap SKPD kembali berjalan normal, mulai dari pemberdayaan masyarakat hingga proyek infrastruktur. ***

 

Bagikan: