Pikiran Rakyat
USD Jual 14.426,00 Beli 14.126,00 | Sedikit awan, 22.6 ° C

Sistem Lalu Lintas Oneway di Puncak Diterapkan 6-9 Juni 2019, Gunakan Jalur Alternatif Ini

Irwan Natsir
KEMACETAN terjadi di jalur Puncak di Gadog, Kabupaten Bogor, Kamis 6 Juni 2019. Memasuki libur hari kedua Lebaran, wisatawan mulai memadati jalur Puncak.*/ANTARA
KEMACETAN terjadi di jalur Puncak di Gadog, Kabupaten Bogor, Kamis 6 Juni 2019. Memasuki libur hari kedua Lebaran, wisatawan mulai memadati jalur Puncak.*/ANTARA

CIBINONG, (PR).- Sistem lalu lintas kendaraan satu arah atau oneway diberlakukan di jalur Puncak Kabupaten Bogor sejak Kamis 6 Juni 2019 hingga Minggu 9 Juni 2019.

Sistem oneway diberlakukan antara pukul 7.00 hingga pukul 12.00. Pemberlakuan itu merupakan bagian dari langkah mengantisipasi kepadatan kendaraan yang menuju kawasan Puncak selama liburan Idulfitri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP M Fadli Amri, Kamis 6 Juni 2019. Menurut dia, sistem oneway diterapkan karena selama musim liburan Lebaran, kawasan Puncak dipadati kendaraan yang datang dari berbagai daerah.

Kemacetan/IRWAN NATSIR/PR

Pada Kamis pagi pukul 7.00, kepadatan kendaraan di pintu gerbang tol Ciawi sudah terlihat sehingga kepolisian menerapkan sistem oneway.

"Sejak pukul 6.30, sudah terlihat arus kendaraan mulai padat dari pintu tol Ciawi menuju Puncak sehingga pukul 7.00 mulai diberlakukan oneway," kata Fadli Amri.

Jalur alternatif

Selama pemberlakuan sistem oneway, masyarakat dari Cianjur yang hendak ke Bogor atau ke Jakarta diimbau untuk menggunakan jalan alternatif via Sukabumi atau via Jonggol.

Sejumlah jalan alternatif lainnya yang bisa dipergunakan masyarakat yaitu jalur Cibubur, Jonggol-Cianjur. atau jalur Cianjur-Sukabumi-Ciawi.

Bagi yang hendak menggunakan jalur Cianjur-Sukabumi-Ciawi, di daerah Cigombong bisa masuk jalan tol yang terhubung dengan tol Jagorawi.

Fadli Amri mengatakan, kebijakan oneway ke arah Puncak bersifat situasional. Kawasan Puncak, selama libur Lebaran masih menjadi primadona masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur.

Beberapa objek wisata menjadi tempat tujuan seperti Taman Safari Indonesia, Taman Wisata Matahari, dan Perkebunan Teh Gunung Mas.***

Bagikan: