Pikiran Rakyat
USD Jual 14.393,00 Beli 14.093,00 | Umumnya cerah, 27.9 ° C

Di Musim Kemarau, River Tubing Cikadongdong Tetap Deras

Tim Pikiran Rakyat
SEJUMLAH wisatawan sedang melakukan arung jeram di kawasan wisata air Cikadongdong, di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka beberapa waktu lalu.*/TATI PURNAWATI/KABAR CIREBON
SEJUMLAH wisatawan sedang melakukan arung jeram di kawasan wisata air Cikadongdong, di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka beberapa waktu lalu.*/TATI PURNAWATI/KABAR CIREBON

MAJALENGKA,(PR).- Objek wisata air river tubing Cikadongdong, yang berlokasi di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabuaten Majalengka masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) 2019, dari sejumlah objek wisata lain di Majalengka yang diajukan dalam penilaian API tahun ini.

Menurut keterangan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka Gatot Sulaeman, pihaknya mengajukan sejumlah objek wisata untuk dinilai oleh tim penilai API tahun ini. Di antaranya objek wisata alam terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapra, Cikadongdong di Desa Payung, objek wisata alam Gunung Karang di Blok Pancurendang landeuh, Keluarahan Babakanjawa, Kecamatan Majalengka dan sejumlah objek wisata lainnya.

“Kemarin informasi yang diterima ternyata objek wisata river tubing yang masuk nominasi, kemungkinan itu kategorinya wisata air,” ungkap Gatot kepada wartawan Kabar Cirebon, Tati Purnawati, Sabtu 25 Mei 2919.

Wisata air river tubing yang baru berdiri beberapa tahun terakhir ini kunjungan wisatanya semakin banyak. Pengunjungnya tidak hanya datang dari wilayah Majalengka namun kabupaten tetangga bahkan wilayah Jawa Barat dan luar Jawa Barat.

Objek wisatan ini sekarang sudah mulai ditata dengan baik, pemberdayaan terhadap masyarakat juga lumayan tinggi. Fasilitas penunjang seperti toilet, sarana parkir dan jalan menuju lokasi wisata sudah ditata pula sehingga pengunjung bisa lebih nyaman melakukan perjalanan wisata ke sana.

“Sekarang ini sudah banyak yang melakukan pertemuan di kawasan wisata tersebut, karena memang suasananya nyaman,  suhu udaranya sejuk karena berada di kawasan pegunungan. Hanya kuliner belum begitu banyak walaupun di sana cukup potensial.” ungkap Gatot.

Mengalir deras

Sementara itu pengelola wisata Cikadondong River Tubing, Egi Friyadi mengatakan, dirinya tidak menduga kalau objek wisata yang dikelolanya akan masuk nominasi API kategori wisata. Dirinya berharap objek wisatanya bisa semakin banyak dikunjungi agar wilayahnya semakin ramai dikenal banyak orang.

“Bersyukur Cikadondong River Tubing bisa masuk nominasi,” ungkap Egi.

Objek wisata air ini adanya di pegunungan berada di sungai Cikadongdong, airnya jernih meski di musim penghujan karena airnya berasal dari sumber mata air pegunungan. Musim kemarau pun air mengalir deras sehingga pengunjung wisata bisa tetap melakukan river tubing.

Jaraknya lumayan jauh mencapai 250 meteran dengan lintasan berliku dan banyak jeram. Meski banyak bebatuan bisa tetap aman karena pengelola sudah membuat jalur yang aman dengan menata bebatuan tersebut, selain itu di bagian-bagian tertentu ada tim yang berupaya menjaga agar peserta olah raga river tubung bisa tetap aman.

Pengunjung juga bisa aman karena pengelola sudah memberikan pelindung bagi peserta, seperti helm, pelindung tangan, lutut dan pelampung.

Mungkin wisata air di Cikadongdong ini akan lebih menarik dibanding wisata air lainnya, selain udara dingin, air yang jernih juga asri. Di sepanjang aliran sungai dipenuhi pepohonan yang sangat rimbun hampir menutupi seluruh area sungai. Malah di beberapa titik nyaris tak ada sinar matahari yang masuk ke area sungai. Namun suasana tetap terang karena dari lorong lain banyak cahaya.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata juga dingin dan asri. Malah di saat musim durian pengunjung bisa sambil menikmati durian yang dikenal sangat legit.***

Bagikan: