Pikiran Rakyat
USD Jual 14.393,00 Beli 14.093,00 | Sebagian berawan, 23.3 ° C

Gaji ke-13 Diberikan Juni, Gaji ke-14 27 Mei 2019

Adang Jukardi
ILUSTRASI pencairan THR.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI pencairan THR.*/DOK. KABAR BANTEN

SUMEDANG, (PR).- Pemkab Sumedang akan membagikan gaji ke-14 atau THR (Tunjangan Hari Raya) untuk para ASN (aparatur sipil negara) di lingkungan Pemkab Sumedang, pada H-11 Hari Raya Idulfitri 1440 H atau tepatnya Senin 27 Mei 2019 nanti. Besarannya 1 kali gaji ditambah TPP (tambahan penghasilan pegawai) berbasis kinerja,

“Gaji ke-14 ini diberikan kepada para ASN untuk membantu memenuhi   berbagai kebutuhan menghadapi Hari Raya Idulfitri nanti,” ujar Sekretaris Daerah Kab. Sumedang, Herman Suryatman di kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang, Jalan Prabu Gajah Agung Sumedang, Jumat 24 Mei 2019.

Menurut dia,  pemberian  gaji ke-14  bagi para ASN di lingkungan Pemkab Sumedang ini,  berdasarkan peraturan bupati tentang teknis  pelaksanaan pemberian gaji ke-14 (THR) dan gaji ke-13 bagi para ASN.  

Tak hanya gaji ke-14 saja, kata dia, Pemkab Sumedang pun akan memberikan gaji ke-13. Namun, pemberian gaji ke-13, baru akan diberikan pada Juni nanti. Gaji ke-13 tersebut, untuk membantu membiayai berbagai kebutuhan sekolah anak pada tahun ajaran baru nanti. Besarannya pun,  1 kali gaji ditambah TPP berbasis kinerja.

“Jadi, pemberian gaji ke-14 atau THR untuk membantu  memenuhi berbagai kebutuhan Lebaran, sedangkan  gaji ke-13 untuk membantu biaya sekolah anak,” ujar Herman. 

Lebih jauh ia menjelaskan, untuk pembayaran TPP pada gaji ke-14 dan gaji ke-13 akan diberikan 70%. Sebab,  berdasarkan peraturan bupati tentang pemberian TPP berbasis kinerja, pemberian TPP berbasis kinerja mengacu pada  absensi atau tingkat kehadiran pada ASN dalam bekerja.

“Namun, sehubungan  pemberian TPP pada gaji ke-14 dan gaji ke-13 tidak ada absensi sehingga pemberian TPP-nya sebesar 70%. Jadi, itu ketentuannya berdasarkan peraturan bupati tentang pembayaran TPP berbasis kinerja,” katanya. 

Herman menambahkan, mengingat pemberian gaji ke-14 akan dilaksanakan Senin (27/5/2019) nanti, sehingga kepada semua ASN untuk bersabar menunggu pencairannya pada waktu yang telah ditentukan. Begitu pula dengan pemberian gaji ke-13 pada Juni nanti.  

“Dengan pemberian hak-hak para pegawai ini, kami berharap para ASN di lingkungan Pemkab Sumedang untuk senantiasa  bekerja dengan optimal dan menunjukan kinerja yang maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya.***

Bagikan: