Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Langit umumnya cerah, 20.7 ° C

Jalur Lintas Selatan hanya Separuh Badan Jalan yang Bisa Dilalui

Nurhandoko
ILUSTRASI perbaikan jalan.*
ILUSTRASI perbaikan jalan.*

CIAMIS,(PR).- Jalan utama lintas selatan di wilayah Kabupaten Ciamis yang  merupakan akses penting arus mudik lebaran, mulai diperbaiki. Perbaikan akses jalan nasional tersebut  tidak hanya sekadar memerlancar aurs lalu lintas, akan tetapi juga  demi kenyamanan pemudik.

Pantauan di lokasi perbaikan jalan utama di wilayah Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Rabu 22 Mei 2019, beberapa petugas tampak sibuk menambal jalan yang berlubang dengan aspal. Selain itu pekerja  lainnya mengelupas sebagian lapisan aspal  yang  sudah terlihat ambles lepas dari badan jalan.

Selama perbaikan arus lalu lintas  diberlakukan sistem buka tutup, karena hanya separuh badan jalan yang dapat dilewati kendaraan. Pengemudi kendaraan juga harus waspada, karena saat akses jalan dibuka, jarak antar kendaraan sangat dekat.

“Secara umum badan jalan bagus, hanya saja memang mulai banyak  yang berlubang. Meskipun tidak dalam, akan tetapi tidak nyaman ketika dilewati. Bagian yang aspalnya sudah lepes juga dibongkar diganti dengan lapisan baru,” tutur  Uyat, salah seorang pengawas perbaikan jalan.

Dia mengatakan perbaikan atau penambalan lubang jalan itu dimulai dari wilayah Pamalayan hingga Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing.  Sebagian besar perbaikan mengelupas lapisan aspal yang rusak.

“Lapisan yang rusak harus segera diganti, sebab jika tidak diperbaiki akan semakin meluas, sehingga kerusakannya semakin berat.  Perbaikan ini hanya merupakan bagian dari proses perbaikan secara menyeluruh,” ujarnya.

Uyat mengungkapkan sebenarnya saat ini perbaikan jalan dilakukan di wilayah Kabupaten Pangandaran. Akan tetapi sesuai dengan arahan, perbaikannya dialihkan di jalur utama lintas selatan.  “Pertimbangannya mungkin jalan ini merupakan jalur utama mudik di lintas selatan,” tuturnya.

Sementara itu pantauan di jalur utama lintas selatan hingga wilayah Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar hingga wilayah perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dengan Kabupaten Cilacap, Prov. Jawa Tengah, secara umum kondisinya baik. Hanya ada beberapa ruas jalan yang aspalnya juga mulai mengelupas.

Bagian jalan dibanda jalan jembatan Citanduy menuju Terminal Bus Kota Banjar yang sebelumnya rusak hingga terlihat plat besi penahan, juga sudah diperbaiki.  Ruas jalan di wilayah Cipadung juga rawan kecelakaan, karena medan jalannya bergelombang.***

Bagikan: