Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 16.4 ° C

Sebanyak 85 Akses Putar Arah di Karawang Ditutup demi Kelancaran Arus Mudik 2019

Dodo Rihanto
PENUTUPAN akses putar arah kendaraan di jalan arteri Karawang mulai ditutup. Penutupan dilakukan demi kelancaran arus mudik Lebaran 2019.*/DODO RIHANTO/PR
PENUTUPAN akses putar arah kendaraan di jalan arteri Karawang mulai ditutup. Penutupan dilakukan demi kelancaran arus mudik Lebaran 2019.*/DODO RIHANTO/PR

KARAWANG, (PR).- Sebanyak 85 titik untuk tempat putar balik (u-turn)  di jalan arteri dan pantai utara Karawang mulai ditutup Satuan Lalu Lintas Kepolisian Karawang, Rabu, 22 Mei 2019. Polisi hanya menyisakan tujuh titik lokasi putar arah yang dibiarkan terbuka mulai dari perbatasan Bekasi hingga perbatasan Subang.

Hal tersebut dilakukan untuk memperlancar arus mudik  Lebaran 1440 H pada tahun 2019. "Penutupan dilakukan agar pemudik dengan kendaraan bermotor menuju arah Cirebon tidak terganggu kendaraan yang berputar arah," ujar Kasatlantas Polres Karawang, Ajun Komisaris Bariu Bawana, Rabu, 22 Mei 2019.

Menurutnya, penutupan u-turn dilakukan secara bertahap yang telah dimulai Rabu, 22 Mei 2019. Penutupan 85 titik tempat perputaran arah ditargetkan selesai 29 Mei 2019 mendatang. "Hari ini baru tujuh titik yang ditutup," kata Bariu.

Ada tujuh akses putar arah yang disediakan

Dijelaskannya juga, tempat perputaran arah yang akan dibiarkan terbuka di antaranya di bundaran Kepuh dan bundaran Charles yang ada di Jalan Baru. Kemudian, ada bundaran Sasak Mesran, bundaran Pancawati, bundaran Dipo Pertamin, dan dua putar balik di Kecamatan Jatisari yang semuanya berada di jalan arteri Karawang-Patokbesi.

Menurut Bariu, guna menutup u-turn itu, Polres Karawang memasang 117 buah water barrier, 310 buah cone, 40 railing, dan 3.720 buah tolo-tolo. Selain itu, ada 160 buah barrier beton dan 30 buah rambu portable.

Bariu pun mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas. "Dalam operasi ketupat yang merupakan operasi kemanusiaan, hendaknya seluruh lapisan masyarakat turut serta membantu dan menyukseskan kegiatan tersebut," katanya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka kembali tempat putar balik kendaraan yang sudah ditutup polisi. Sebab, hal tersebut akan membahayakan para pengguna jalan dan juga bisa menimbulkan kemacetan panjang.***

Bagikan: