Pikiran Rakyat
USD Jual 14.289,00 Beli 14.191,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

Anjing Pelacak Ikut Amankan Angkutan Lebaran

Ani Nunung Aryani
ILUSTRASI anjing pelacak.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI anjing pelacak.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

CIREBON, (PR).- Dua ekor anjing pelacak yang tergabung dalam pasukan K-9 bakal diterjunkan dalam pengamanan selama angkutan Lebaran 2019, di dua stasiun di Cirebon yakni Stasiun Kejaksan dan Stasiun Prujakan.

Dilibatkannya pasukan K-9 dalam pengamanan selama angkutan Lebaran 2019 sebagai bagian dari upaya mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dalam aspek keamanan di dua stasiun tersebut.

Menurut Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Tamsil Nurhamedi, aspek keamanan sama pentingnya dengan keselamatan dan kenyamanan penumpang serta kelancaran perjalanan.

"Target yang ditetapkan untuk angkutan Lebaran 2019 ini super sukses. Sehingga tiga aspek yakni keselamatan, keamanan dan kelancaran benar-benar harus kami wujudkan dengan berbagai macam upaya," ungkap Tamsil seusai buka bersama dengan awak media Cirebon Rabu 15 Mei 2019.

Dikatakannya, untuk menjamin keamanan baik di stasiun maupun selama perjalanan, ratusan personel keamanan baik internal PT KAI seperti polsuska dan satpam, maupun eksternal dari TNI dan Polri diterjunkan.

"Petugas ada yang menetap di stasiun dan titik lain, ada juga yang mobile ikut dalam perjalanan kereta api. KAI menyiapkan petugas pengamanan, di antaranya polsuska dan satpam dari internal yang diperkuat oleh pengamanan dari TNI dan Polri," paparnya.

Dikatakannya, angkutan Lebaran menjadi hajatan terbesar tahunan bagi setiap penyedia jasa transportasi, termasuk PT KAI sebagai BUMN penyedia jasa layanan angkutan dengan kereta api.

"Makanya untuk menyambut momen liburan Lebaran 2019, PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki, mulai dari sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung pelaksanaan angkutan Lebaran 2019 yang ditetapkan selama 22 hari, yakni mulai H-10 sampai H+10, menjadi super sukses," jelasnya.

Tahun ini, PT KAI Daop 3 Cirebon memperkirakan akan terjadi peningkatan total volume penumpang sebesar 4,7% dari 150.369 pada tahun lalu menjadi 157.501penumpang pada masa Lebaran tahun ini. 

Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi angkutan Lebaran yang sangat tinggi, katanya, PT KAI Daop 3 Cirebon menyediakan 94 perjalanan KA reguler yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon.

Selama angkutan lebaran 2019 Daop 3 Cirebon menjalankan 7 perjalanan KA reguler tujuan Gambir dengan KA Tegal Bahari, Argo Jati, Cirebon Ekspres dan 1 perjalanan KA reguler tujuan Jember dengan KA Ranggajati dengan jumlah seat 9.122 per hari selama masa angkutan Lebaran 2019.

"Dari aspek sarana pada masa angkutan Lebaran 2019 PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 16 unit lokomotif dan armada kereta yang disiapkan berjumlah 97 unit serta 1 unit crane," paparnya.

Sedangkan dari aspek prasarana, seperti tahun-tahun sebelumnya KAI menyiagakan alat material untuk siaga (Amus) di daerah-daerah rawan bencana alam, seperti pada petak Jatibarang-Telagasari, Cipunegara-Haurgeulis dan Sindanglaut-Ciledug. 

"Petugas Penilik Jalan (PPJ) Ekstra, Penjaga Jalan Lintas (PJL) Ekstra, dan petugas posko daerah rawan juga disiagakan di sepanjang lintas untuk mencegah terjadinya gangguan perjalanan KA," katanya.***

Bagikan: