Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 17.3 ° C

Jalur Mudik Rawan Kecelakaan, Polres Purwakarta dan Jasa Raharja Siapkan Tim Khusus

Hilmi Abdul Halim
KEPADATAN terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis 9 Mei 2019. Sejumlah persiapan dilakukan pengelola tol untuk mencegah kepadatan, di antaranya memindahkan gerbang Cikarang Utama ke Cikampek Utama dan penerapan satu jalur.*/TOMMI ANDRYANDY/PR
KEPADATAN terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis 9 Mei 2019. Sejumlah persiapan dilakukan pengelola tol untuk mencegah kepadatan, di antaranya memindahkan gerbang Cikarang Utama ke Cikampek Utama dan penerapan satu jalur.*/TOMMI ANDRYANDY/PR

PURWAKARTA, (PR).- Sejumlah lokasi di ruas jalan tol maupun arteri wilayah Kabupaten Purwakarta teridentifikasi rawan kecelakaan. Kepolisian dan Jasa Raharja pun menyiapkan langkah mengantisipasi dampak kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2019.

Lokasi rawan di jalur arteri tersebar di wilayah Kecamatan Bungursari, Sukatani, dan Cibatu. "Kerawanan jalur tersebut salah satunya disebabkan karena kontur jalannya," kata Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polisi Resor Purwakarta, Inspektur Satu Asep Kusmana, Rabu, 15 Mei 2019.

Sementara, untuk jalur tol yang rawan kecelakaan, ia menyebutkan beberapa lokasi seperti di kilometer 90 Tol Cipularang sampai kilometer 100, Tol Jakarta-Cikampek kilometer 70 sampai kilometer 72. Kemudian, di Tol Cipali dari kilometer 76 sampai kilometer 78. Oleh karena itu, Asep mengimbau pengendara untuk berhati-hati saat melewati lokasi-lokasi itu.

Langkah antisipasi juga dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta dengan membentuk membentuk Tim Khusus Penanganan Cepat pada Kecelakaan Lalu Lintas. Tim Quick Rescue Laka Lantas Polres Purwakarta itu merupakan bagian dari Operasi Ketupat Lodaya 2019. 

"Targetnya adalah penyelamatan korban kecelakaan lalu lintas secara cepat dan untuk meminimalisasi kefatalannya," kata ujar Asep.

Selain itu, Jasa Raharja juga menyiapkan petugas jaga 24 jam selama Operasi Ketupat Lodaya kali ini. Mereka ditempatkan di pos-pos khusus bersama pihak kepolisian dari Polres Purwakarta dan Subang.

"Belasan personel akan dikerahkan untuk piket secara bergantian di pos-pos yang sudah ditetapkan. Selain di pos, di kantor juga ada petugas jaga," kata Kepala Jasa Raharja Perwakilan Cabang Purwakarta Subang, Panji Akbar, pada acara peluncuran program Quick Rescue Laka Lantas Operasi Ketupat Lodaya 2019 di kantornya.

Di wilayah Purwakarta, petugas menyiapkan dua Pos Quick Rescue di antaranya Pos Ciganea untuk arah Tol Cipularang dan pos di Mapolres Purwakarta di Jalan Veteran. Selain petugas kepolisian, pos tersebut juga diisi petugas Dinas Kesehatan, montir, derek, ambulans, dan lainnya.

Sedangkan, di wilayah Kabupaten Subang terdapat lima pos serupa. Dua di antaranya berada di jalur Tol Cipali, dua pos di Jalur Pantai Utara dan di sisanya di jalur selatan wilayah Ciater.

TOL Cipularang.*/DOK PR

Polres Purwakarta usulkan bebas biaya tol

Sebelumnya, Polres Purwakarta mengusulkan pembebasan biaya masuk tol pada arus mudik Lebaran 2019. Hal itu untuk mengantisipasi dampak kemacetan dari pemberlakuan sistem satu arah di ruas jalan tol dan pemindahan pintu tol ke wilayah hukum Purwakarta.

"(Kemacetan bisa terjadi) bila one way dilakukan namun pembayaran tol tetap dilakukan juga. (Dampaknya) ini yang perlu diantisipasi," kata Kepala Polres Purwakarta, Ajun Komisaris Besar Matrius, saat ditemui di markasnya.

Sistem satu arah kendaraan rencananya dilakukan selama tiga hari mulai 31 Mei 2019 hingga 2 Juni 2019 yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik. Pemberlakuannya akan dimulai dari kilometer 25 tol Jakarta-Cikampek hingga pintu keluar tol Brebes Barat di kilometer 263.

"Sistem satu arah ini akan melewati pintu tol Cikarang Utama yang dipindahkan ke kilometer 70 di sekitar wilayah Purwakarta," kata Matrius. Ia khawatir, kedua faktor itu bisa menimbulkan kemacetan panjang di ruas jalan tol.***

Bagikan: