Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 22 ° C

Empat Kelurahan di Kota Sukabumi Rentan Rawan Pangan

Ahmad Rayadie
WALI kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Selasa, 14 Mei 2019 tengah meninjau sejumlah stand saat bazar Ramadan di kantor Kecamatan Cibeureum.*/AHMAD RAYADIE/PR
WALI kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Selasa, 14 Mei 2019 tengah meninjau sejumlah stand saat bazar Ramadan di kantor Kecamatan Cibeureum.*/AHMAD RAYADIE/PR

SUKABUMI, (PR).- Empat kelurahan yang tersebar di empat kecamatan di Kota Sukabumi terindikasi rentan rawan pangan. Keempat kelurahan itu yakni Kelurahan Lusnunggal di Kecamatan Cibeureum, Kelurahan Subang Jaya di Kecamatan Cikole, Kelurahan Sukakarya di Kecamatan Warudoyong, dan di kelurahan Sudajaya di Kecamatan Baros.

"Ini berdasarkan hasil kajian dari FSPA bahwa di Kota Sukabumi terdapat empat kelurahan yang rentan rawan pangan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi pada Selasa, 14 Mei 2019.

Dia mengatakan tengah melakukan langkah intervensi untuk mencegah diempat wilayah tersebut masuk kategori rawan pangan. Langkah yang dilakukan tidak hanya mendorong mendistribusikan sembilan bahan pokok (sembako), tapi juga melakukan strategi menjual sejumlah komoditi melalui bazar.

"Kegiatan bazar yang dilakukan pada Ramadan ini hanya memprioritaskan komoditas yang dibutuhkan masyarakat setempat. Seperti beras, telur, bawang putih, dan beberapa komoditi lainnya," katanya.

Empat kelurahan tersebut mengalami kerentanan pangan karena banyak faktor. Antara lain tidak teraliri listrik, sungai dijadikan jamban umum, termasuk rendahnya daya beli masyarakat.

 "Untuk meningkatkan daya beli masyarakat kita men-support produk kebutuhan dasar yang murah. Sedangkan untuk daerah yang belum dialiri listrik akan berkoordinasi dengan instansi lainnya," katanya.***

Bagikan: