Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 19.4 ° C

Puncak Julang, Destinasi Wisata Alternatif Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Ahmad Rayadie
Puncak Julang.*/AHMAD RAYADIE/PR
Puncak Julang.*/AHMAD RAYADIE/PR

PUNCAK Julang  di Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran, Rabu, 8 Mei 2019, mulai dibenahi warga  sekitar. Potensi alam yang masih belum disentuh itu, kini mulai dilirik para wisatawan.

Selain suasana yang masih alami dan asri, keberadaan Puncak Julang diharapkan menjadi tujuan destinasi wisata alternatif.

Puncak Julang sebelumnya berada di areal hutan Pinus kering, tandus dengan dipenuhi ilalang. Kini, kawasan tersebut telah disulap menjadi kawasan wisatawan.

Sebagai kawasan penunjang Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP), Puncak Julang menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah menarik dibandingkan kawasan wisata lainnya.

Selain menikmati udara yang sejuk, pengunjung bisa menikmati hamparan hutan serta Pantai Minajaya yang sangat eksotik.

"Dari atas bukit hutan pinus, wisatawan dapat sekaligus melihat pemandangan pantai Ujung Genteng dan pantai Palangpang sekaligus. Kawasan wisata tersebut seluruhnya berada dikawasan  Geopark Ciletuh Palabuhanratu," kata Sekretaris Camat (Sekmat) Waluran, Subarna.

Subarna menjelaskan, warga sekitar yang tergabung Komunitas Palapah tergerak untuk turut serta mengembangkan potensi daerahnya. Apalagi potensi tersebut dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar.

"Setelah dilakukan pemetaan potensi, ternyata terdapat potensi wisata yang dapat menunjang kesejahteraan warga sekitar. Didukung seluruh potensi masyarakat, kami melakukan pembenahan, "katanya.

Di kawasan tersebut, warga juga membangun tempat peristirahatan yang sederhana tapi ditata dengan baik. "Tempat peristirahatan yang dibangun dengan kayu dan bambu berbentuk saung-saung akan menambah suasana alami," katanya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, memberikan apresiasi yang dilakukan warga penyangga kawasan  wisata GCP. Potensi tersebut diharapkan dapat mempercepat bergelombang yang arus wisata dunia itu. 

"Setiap wilayah harus dapat mengangkat potensi wilayah untuk memajukan kesejahteraan masyarakat," katanya.***

Bagikan: