Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 17.3 ° C

Diupayakan Ada Terasan Tanah di Tebing Cipadung yang Longsor

Agus Ibnudin
ILUSTRASI tebing longsor.*/DOK PR
ILUSTRASI tebing longsor.*/DOK PR

MAJALENGKA, (PR).- Pembangunan terasan tanah di Tebing Cipadung Desa Sindangpanji Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka yang terkena musibah longsor pada awal bulan lalu akan segera dikerjakan. Saat ini hingga tiga minggu ke depan tengah dilakukan penelitian tanah di lokasi tersebut.

Pengamatan “PR” Online, Selasa 7 Mei 2019, sejumlah pekerja tengah melakukan penelitian tanah di salah satu titik di Tebing Cipadung yang longsor. Titik tebing yang tengah diteliti itu antara lain berada di KM 52-700.

“Menurut rencana, setelah Lebaran nanti pembangunan terasan tanah akan dilakukan,” ujar seorang pekerja Arif saat ditemui di lokasi.

Sebagaimna diketahui, pada Senin 8 April 2019 malam lalu, sembilan titik di Tebing Cipadung mengalami longsor. Musibah ini menyebabkan 24 kendaraan, meliputi 21 mobil dan 3 sepeda motor, terjebak di antara titik-titik longsoran.

Akibat lainnya, jalur utama arus lalu lintas dari Cikijing ke Kuningan maupun arah sebaliknya terputus, tidak bisa dilintasi kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Waktu itu, arus pun dialihkan sementara melalui jalur alternatif, yaitu dari Cikijing melalui Cidulang, Cipulus, Gunung Sirah, Karanganyar, Parung, Darma, Kuningan. Begitu pula, dari arah sebaliknya, dari Kuningan.

Sedangkan, bagi kendaraan ukuran besar, seperti truk dan bus antarkota dari Tasikmalaya, Ciamis, Cikijing, dan Cirebon, dialihkan sementara antara lain ke jalur Talaga, Maja, Rajagaluh, dan Sumber.

Arus kendaraan kembali normal setelah lima hari kemudian sejak terjadinya musibah longsor.***

Bagikan: