Pikiran Rakyat
USD Jual 14.540,00 Beli 14.240,00 | Sedikit awan, 21.5 ° C

PDIP di Sumedang Masih Kuat, Golkar Turun, PKS dan Gerindra Bertahan

Tim Pikiran Rakyat
Pemilu 2019/ANTARA
Pemilu 2019/ANTARA

SUMEDANG,(PR).- Satu minggu pacapelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, sejumlah prediksi raihan kursi sementara partai politik untuk DPRD Kabupaten Sumedang pun mulai bermunculan.

Prediksi yang disebut-sebut hasil real count sejumlah tim sukses itu, kini telah banyak beredar di media sosial (medsos), salah satunya di laman Facebook dan grup WhatsApp. 

Dimana dalam sejumlah laman medsos itu, kini telah muncul informasi berupa prediksi raihan kursi DPRD Kab. Sumedang per Daerah Pemilihan (Dapil) lengkap dengan nama caleg berikut parpolnya.

Berdasarkan prediksi tersebut, raihan kursi terbanyak untuk DPRD Kab. Sumedang hasil pemilu 2019 itu kabarnya dimenangkan oleh Partai PDI Perjuangan (PDIP) dengan jumlah perolehan 12 kursi, setelah itu disusul partai PPP dan Golkar masing-masing 7 kursi, selanjutnya PKB 6 kursi, Gerindra 6 kursi, PKS 6 kursi, PAN 4 kursi, Demokrat 2 kursi, dan Nasdem 1 kursi.

Jika melihat prediksi tersebut, maka Partai Golkar berarti harus kehilangan 3 kursi di parlemen, termasuk Partai Demokrat hilang 2 kursi, dan PBB harus kehilangan satu-satunya kursi yang dimilikinya sekarang.

Bukan itu saja, sesuai informasi tersebut konon pada Pemilu kali ini banyak Caleg Petahana yang harus tersingkir dari kursi parlemen. Padahal sebelumnya, caleg petahana yang dikenal sebagai politikus senior, sempat diprediksi akan kembali meraih kemenangan.

Menanggapi informasi tersebut, Sekjen DPD Partai Golkar Sumedang, Yogi Yaman Sentosa, menyebutkan bahwa prediksi itu memang sah-sah saja. Namun menurut Yogi prediksi ini tidak dapat dijadikan acuan, sebab untuk kepastiannya harus menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU. 

"Prediksi itu mungkin saja benar, tapi tidak dapat dijadikan rujukan. Jika melihat hasil penghitungan tim di lapangan, suara Golkar di Sumedang ini memang mengalami penurunan, bahkan beberapa caleg incumben juga kemungkinan ada yang kalah," katanya, Rabu 24 April 2019.

Tanggapan serupa disampaikan Ketua DPD PKS Sumedang H. Yana Flandriana. Menurut Yana, khusus PKS, hasil raihan suara pada Pemilu di wilayah Sumedang kali ini diprediksi mengalami kenaikan antara 30-40 persen dari Pemilu tahun 2014 lalu. Walaupun untuk raihan kursi di DPRD kabupaten, kemungkinan masih tetap bertahan 6 kursi sesuai yang ramai diprediksikan di medsos.

"Hasil penghitungan awal kami, Alhamdulillah suaranya ada kenaikan. Namun kami belum bisa memastikan, karena kami masih menunggu hasil penetapan dari KPU, termasuk penetapan perolehan kursi dan Caleg Terpilihnya," ujar Yana kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.

Begitu pun dengan DPC Partai Gerindra Kab. Sumedang. Sekjen DPC Partai Gerindra, Warson Mawardie, menyebutkan, prediksi yang beredar terkait hasil raihan kursi di DPRD Kab. Sumedang itu memang sudah cukup mendekati. Pasalnya, hasil rekapitulasi data yang dilakukan kader partainya juga menunjukan bahwa raihan kursi Gerinda di DPRD Sumedang ini kemungkinan masih tetap bertahan 6 kursi.

"Rekapitulasi resminya juga kan masih berjalan. Jadi hasil yang akuratnya kita harus menunggu pleno selesai," katanya.***
 

Bagikan: