Pikiran Rakyat
USD Jual 14.540,00 Beli 14.240,00 | Sedikit awan, 22.2 ° C

Masih Sepi Penerbangan, Bandara Kertajati Jadi Tujuan Wisata Anak TK

Tati Purnawati
SEJUMLAH murid TK Mekarsari Cikijing dari Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka berbaris mengenakan baju ala pilot di halaman terminal Bandara Kertajati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis 25 April 2019. Mereka berwisata untuk mengenal keberadaan BIJB Kertajati.*/TATI PURNAWATI/KC
SEJUMLAH murid TK Mekarsari Cikijing dari Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka berbaris mengenakan baju ala pilot di halaman terminal Bandara Kertajati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis 25 April 2019. Mereka berwisata untuk mengenal keberadaan BIJB Kertajati.*/TATI PURNAWATI/KC

MAJALENGKA, (PR).- Di tengah sepinya penerbangan yang hanya dilakukan sepekan sekali di hari Minggu, pengunjung ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka justru banyak dari kalangan anak sekolah mulai TK hingga Perguruan Tinggi. Para pelajar ini datang dari berbagai daerah untuk mengetahui keberadaan dan fasilitas yang tersedia di Bandara Kertajati.

TK Mekarsari Cikijing dari Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka menjadi salah satu contohnya. Sang Kepala Sekolah, Lilis Nurjanah mengajak puluhan muridnya ke Bandara Kertajati, Kamis 25 April 2019, untuk memberikan pengenalan terkait keberadaan Bandara tersebut.

Kehadiran puluhan murid TK tersebut disertai orangtua masing-masing. Ini disengaja mengingat para orangtua itu pun ingin mengatahui kemegahan Bandara yang menjadi kebanggaan warga Majalengka tersebut.

Seolang dipersiapkan matang, anak-anak ini mengenakan pakaian pilot lengkap dengan atribut serta topinya. Mereka diajak berkeliling di halaman terminal hingga ke dalam terminal penumpang. Setiap lantai dikunjungi dan diperkenalkan. Termasuk bagaimana cara masuk ke dalam terminal dan menjalani pemeriksaan petugas dengan metal detektor.

“Kami telah meminta ijin jauh hari sebelum kedatangan agar bisa masuk mengenalkan Bandara kepada murid-murid TK sekolah kami. Kami ingin mengenalkan bahwa di Majalengka ada bandara tempat pesawat singgah dan terbang. Kami ingin membangun imajinasi anak untuk hal ini, agar mereka juga memiliki kecintaan terhadap bandara dan mereka ke depan bisa menjadi bagian dari itu,” ungkap Lilis.

Ani, salah seorang orang tua murid TK mengaku bangga bisa berkunjung dan mengenal Bandara Kertajati bersama anaknya. “Saya baru ke sini, makanya ketika sekolah merencanakan ke Bandara, saya langsung mendaftar untuk bisa ikut,” kata Ani.

Sementara itu Direktur Keuangan PT BIJB, Muhamad Singgih mengatakan, pihaknya justru mempersilakan pihak mana pun untuk berkunjung ke Kertajati. Tujuannya agar semakin banyak masyarakat yang mengenal keberadaan Bandara Kertajati. Termasuk mengetahui bagaimana kemegahannya serta fasilitas yang dimiliki.

“Setiap saat banyak anak sekolah yang datang, mereka tidak hanya dari wilayah Majalengka tapi juga dari kabupaten-kota tetangga. Malah sejumlah perguruan tinggi juga banyak, kemarin ini dari perguruan tinggi di Jogjakarta juga datang berkunjung melihat fasilitas yang dimiliki BIJB,” ungkap M Singgih.

Dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung ke BIJB, maka akan lebih banyak yang mengenal Bandara Kertajati. Dengan demikian, diharapkan mereka ke depan akan melakukan penerbangan pula baik dari maupun menuju Bandara Kertajati.

“Semakin masif disosialsiasikan, semakin banyak yang mengenal dan diharapkan akan semakin banyak yang melakukan penerbangan,” kata Singgih.***

Bagikan: