Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya berawan, 19.9 ° C

Kinerja Dewan Anjlok di Masa Kampanye, Ini Jawaban Ketua DPRD Kabupaten Bekasi

Tommi Andryandy
MAYORITAS kursi di ruang rapat utama Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi sepi saat rapat paripurna beberapa waktu lalu. Meski kursi itu sebelumnya diperebutkan, namun menjelang akhir masa jabatan, banyak kursi justru tidak berpenghuni.*/TOMMI ANDRYANDY/PR
MAYORITAS kursi di ruang rapat utama Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi sepi saat rapat paripurna beberapa waktu lalu. Meski kursi itu sebelumnya diperebutkan, namun menjelang akhir masa jabatan, banyak kursi justru tidak berpenghuni.*/TOMMI ANDRYANDY/PR

CIKARANG, (PR).- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi, Sunandar mengakui kinerja anggotanya menurun akibat sibuk berkampanye. Namun, dia menegaskan pekan ini seluruh anggota dewan wajib kembali ke meja kerja.

“Memang lebih ke waktunya yang terbagi setelah ada yang memersiapkan pemilihan, baik presiden maupun legislatif. Tapi saya sudah berkomunikasi bahwa anggota lain diminta kembali beraktivitas karena masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan,” kata dia usai ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Selasa 23 April 2019.

Berdasarkan pantauan Pikiran Rakyat, Sunandar menjadi satu-satunya anggota dewan yang terlihat berkantor dari total 50 Anggota DPRD Kabupaten Bekasi. Pemandangan ini bukan kali pertama terjadi. Tepatnya sejak tahapan Pemilu 2019 digelar, para anggota dewan mulai ogah-ogahan berkantor di Gedung DPRD.

Bahkan dalam beberapa sidang paripurna, sulit sekali menghadirkan minimal 50 persen anggota dewan. Hanya beberapa pimpinan dan sebagian kecil anggota saja yang terlihat rajin. Itu pun tidak sedikit anggota yang datang untuk sekadar mengisi daftar hadir kemudian meninggalkan tempat.

“Kalau kehadiran sebenarnya banyak yang hadir namun mungkin ada juga yang berhalangan. Tapi semuanya itu selalu dikomunikasikan. Saya juga tidak bisa melarang kalau yang berhalangan, namun tetap kami selaku pimpinan terus mengingatkan,” ucap Sunandar.

Setelah masa pencoblosan berakhir, Sunandar memastikan aktivitas para anggota dewan kembali pulih mulai pekan ini. Terlebih sejumlah agenda telah tersusun, di antaranya pembahasan sejumlah rancangan peraturan daerah.

Akhir bulan ini, lanjut dia, beberapa raperda mulai memasuki pembahasan. “Tadi saya berkoordinasi denga Sekretariat DPRD, ada sedikitnya empat Raperda yang akan dibahas duluan, termasuk di antaranya laporan pertanggungjawaban bupati. Tahapannya yakni digelar rapat pimpinan, kemudian diparipurnakan panitia khususnya, lalu mulai bekerja, membahas,” ucap dia.

Tidak produktif

Diakui Sunandar, tahun ini dewan memang belum menerbitkan satu pun Perda. Namun, kata dia, hal tersebut tidak sepenuhnya disebabkan oleh kinerja dewan. Penyebab lainnya karena sejumlah Raperda yang diajukan eksekutif tidak dibarengi naskah akademik.

“Sekarang juga kan kepala bagian hukum di pihak eksekutif kosong, tapi saya sudah koordinasi dengan asisten daerah yang jadi pelaksana tugas Kabag hukum untuk mendorong Raperda yang dari eksekutif,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi Herman Hanafi mengatakan, mulai pekan ini serangkaian rapat kembali digelar. Paling dekat yakni rapat pimpinan untuk pembahasan Raperda yang telah tertuang dalam Progarm Legislasi Daerah 2019.

“Pekan ini mulai berkantor, besok (Rabu) rencananya sudah mulai rapat pimpinan. Rencananya hari ini rapat pimpinan tapi karena satu dan lain hal, diundur. Setelah rapat pimpinan, baru rapat paripurna pembentukan Pansus, lalu Raperda mulai dibahas,” ucap dia.

Diungkapkan Herman, terdapat empat Raperda yang bakal dibahas pada termin pertama, di antaranya Raperda laporan pertanggungjawaban bupati 2018, Raperda penetapan Kabupaten Bekasi sebagai kota layak anak serta Raperda tentang ketahanan pangan.

“Kecuali laporan pertanggungjawaban yang diajukan oleh eksekutif, tiga lainnya merupakan inisiatif dewan jadi langsung dapat dibahas. Raperda satu lagi belum ditentukan bakal Raperda mana biar menggenapi empat Raperda pertama tahun ini,” ucap dia.***

Bagikan: