Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 17.7 ° C

Banjir Melanda, Tanaman Padi Terancam Mati

Dodo Rihanto
DUSUN Pangasinan, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat kembali disergap air bah, Sabtu sore 20 April 2019. */ DODO RIHANTO/PR
DUSUN Pangasinan, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat kembali disergap air bah, Sabtu sore 20 April 2019. */ DODO RIHANTO/PR

KARAWANG, (PR).- Setelah beberapa bulan terbebas dari kepungan banjir, Dusun Pangasinan, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat kembali disergap air bah, Sabtu sore 20 April 2019. Padahal, saat itu, cuaca di Karangligar maupun wilayah Kabupaten Karawang lainnya dalam keadaan cerah.

Menurut warga Pangasinan, Asep Saefulloh, banjir yang menerjang dusunnya adalah banjir kiriman dari hulu Sungai Cibeet yang berada di wilayah Bogor dan Cianjur. Air luapan Cibeet mulai menyergap Kampung Pangasinan sejak Jumat malam 19 April 2019. Namun saat itu air belum masuk ke rumah warga.

Pada Sabtu siang hingga petang, air banjir terus merangkak naik hingga akhirnya merendam ratusan rumah warga. "Genangan banjir semakin meluas dan rumah yang terendam makin banyak," kata Asep.

Menurutnya, Kampung Pangasinan memang terletak di sekitar pertemuan dua sungai, yakni Cibeet dan Citarum. Jika permukaan dua sungai itu naik, sudah dapat dipastikan Pangasinan bakal terendam banjir.

Asep menyebutkan ada dua dusun di Pangasinan yang menjadi langganan banjir yakni lingkungan RT 03 dan RT 02. Warga di dua dusun itu sudah mengungsi ke rumah warga lainnya yang masih aman dari terjangan banjir.

"Jumlah sementara rumah yang terendam, ada 50 rumah di RT 02 yang dihuni 53 kepala keluarga (KK) dengan 173 jiwa. Sementara, di RT 03 terdapat 62 rumah 63 KK 359 jiwa. Total yang terendam 112 rumah," jelas Asep.

Selain itu, lanjut dia, terdapat 17 hektare sawah yang terendam, di antaranya, baru saja ditanami padi.

Menurut salah seorang perangkat Desa Karangligar, Darmo, jika genangan air setinggi 80 centimeter itu tidak segera surut, bisa dipastikan tanaman padi bakal mati. Namun belum dapat dipastikan berapa kerugian yang diderita yang sawahnya terendam itu. ***

Bagikan: