Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Badai petir, 28 ° C

Surat Suara Tertukar, Lima TPS di Cianjur Gelar Pemungutan Suara Lanjutan

Shofira Hanan
PEMILU 2019/ANTARA
PEMILU 2019/ANTARA

CIANJUR, (PR).- Lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Cianjur akan menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) sesuai arahan KPU setempat. Kelima wilayah tersebut berada di Desa Sukamanah, Kecamatan Mande, yakni TPS 1, TPS 9, TPS 10, TPS 12, dan TPS 13.

Humas Bawaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur menyebut telah mengirimkan surat rekomendasi kepada KPU Cianjur terkait pemungutan suara lanjutan di lima TPS tersebut.

“Pertimbangannya, di lima TPS itu pemungutan suara pada Rabu yang lalu dihentikan. Karena ada masalah tertukarnya surat suara DPRD Kabupaten dengan Dapil 4 dan 5,” ujar Hadi, Jumat 19 April 2019.

Ia menjelaskan, pada pemungutan besok, hanya empat jenis surat suara yang dilanjutkan untuk dipilih. Antara lain, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Capres-Cawapres.

Berdasarkan data, Pemilu lanjutan di kecamatan tersebut akan dilangsungkan dengan jumlah DPT sebanyak 1.195 orang. Hadi pun mengaku, Bawaslu terus berkoordinasi dengan KPU mengenai kesiapan pelaksnanan Pemilu lanjutan.

“Kami juga melakukan pengawasan terhadap kesiapan KPU dan menyiapkan personel untuk melakukan pengawasan di TPS tempat pemilu lanjutan besok,” ucapnya.Ia sangat berharap, KPU Cianjur benar-benar serius dan profesional dalam mempersiapkan pemilihan lanjutan itu.

Hadi menambahkan, terkait temuan di lima wilayah kecamatan lainnya, yaitu Karangtengah, Haurwangi, Cugenang, Tanggeung, dan Gekbrong yang sempat direkomendasikan untuk mengadakan pemungutan suara lanjutan, ia memastikan bahwa wilayah-wilayah tersebut sudah clear. 

“Walaupun surat suara tercampur dan tertukar, kegiatan pungut hitung tetap dilanjutkan. Kalau ada nama Caleg yang berbeda maka perolehan suaranya dimasukkan ke Parpol,” ujar Hadi.

Sementara itu, Ketua KPU Cianjur Hilman Wahyudi mengatakan, ia telah berkoordinasi dengan pihak PPK dan PPS setempat untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu.

“Mulai dari mempersiapkan kebutuhan logistik dan lainnya. Kami siap menggelar pemungutan suara lanjutan di lima TPS di wilayah Kecamatan Mande sesuai dengan rekomendasi Bawaslu Kabupaten Cianjur,” kata Hilman.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan pemilihan suara lanjutan rencananya akan mengikuti kesepakatan dari KPU RI yang akan digelar Sabtu (20/04/2019). Ia menjelaskan, hal itu meupakan hasil kesepakatan dengan pihak KPU RI.

Selain itu, Hilman juga meluruskan apa yang akan dilakukan KPU Cianjur bukan merupakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) sebagaimana yang banyak beredar sebelumnya. Ia menegaskan jika KPU melakukan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) dan keduanya adalah hal yang berbeda.

“Jadi kan memang ada tiga kategori, yaitu Pemungutan Suara Ulang (PSU), Pemungutan Suara Susulan (PSS), dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL),” ucap dia.***

Bagikan: