Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Umumnya cerah, 28.5 ° C

Lancar dan Semua Masalah Bisa Ditangani, Tidak Ada Pemungutan Suara Ulang di Garut

Tim Pikiran Rakyat
PEMILU 2019.*/ANTARA
PEMILU 2019.*/ANTARA

GARUT, (PR).- Meski sempat ada surat suara yang tertukar ketika pelaksanaan pemungutan suara pemilihan umum 21019 di wilayah Kabupaten Garut, tidak akan ada pemungutan suara ulang (PSU) di sana. Seluruh pelaksanaan pemungutan suara dinyatakan lancar dan aman.

Hal itu dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, Ipa Hafsiah. "Saat pencoblosan kemarin memang ada kejadian surat suara yang tertukar. Namun hal itu tidak terlalu berdampak," ujar Ipa yang ditemui di sekretariat Bawaslu Garut di Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota, Kamis, 18 April 2019.

Dikatakan Ipa, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan Bawaslu Garut di tempat pemungutan suara (TPS) yang terdapat kejadian surat suara  tertukar, tidak ditemukan adanya pengaruh yang bisa berdampak terhadap hasil perolehan suara. Kalaupun surat suara yang tertukar sudah terlanjur dicoblos, maka suara itu tetap dianggap sah.

"Kalaupun ada surat suara tertukar beda dapil (daera pemilihan) yang terlanjur sudah dicoblos, maka suaranya masuk ke partai. Jadi kami menilai tak perlu dilakukan pemungutan suara ulang," katanya seperti yang dilaporkan Aep Hendy untuk Kabar Priangan.

KETUA Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, Ipa Hafsiah.*/AEP HENDY/KP

Masalah di lapangan sudah diantisipasi dengan baik

Menurut Ipa, kejadian seperti itu sudah diantisipasi dengan adanya surat edaran KPU nomor 653. Kalau surat suara yang tertukar belum masuk kotak suara, surat suara bisa langsung ditukar. Bila sudah masuk ke kotak suara, maka suara pilihan rakyat itu akan dihitung ke partai.

Diungkapkannya, pada pelaksanaan pemungutan suara 17 April 2019,  Bawaslu Garut telah mendapatkan laporan adanya surat suara untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten yang tertukar. Hal itu terjadi di TPS yang berada di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul dan Kecamatan Cilawu.

Selain surat suara yang tertukar, Ipa juga menyampaikan adanya kekurangan surat suara di sejumlah TPS di Garut. Namun, hal itu sudah dapat diantisipasi dengan baik oleh KPU Garut sehingga pencoblosan bisa terus berjalan dengan lancar.

"Berdasarkan hasil pantauan langsung serta laporan Panwascam, pelaksanaan Pemilu di Garut ini secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Adapun masalah-masalah yang sempat muncul, semuanya masih bisa ditangani dengan baik oleh KPU," ucap Ipa.***

Bagikan: