Pikiran Rakyat
USD Jual 14.301,00 Beli 14.001,00 | Sebagian berawan, 17.3 ° C

Jelang Puasa, Lembar Jadwal Imsakiyah Makin Dicari

Agus Ibnudin
null
null

MAJALENGKA, (PR).- Lembaran jadwal imsakiyah merupakan barang yang paling banyak dicari menjelang Bulan Ramadan. Untuk itu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka melalui Penyelenggara Syariah menyiapkan lebih kurang 15.000 lembar jadwal imsakiyah.

Kepala Seksi Penyelenggara Syariah H. Hasan Mamun didampingi Pelaksana Humas Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka Taupik Hidayat menuturkan, 15.000 lembar jadwal itu akan disebarkan ke seluruh instansi.

Jadwal imsakiyah juga disebarkan ke 26 Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan dan ribuan masjid yang tersebar di 343 desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Majalengka. Biasanya, di Bulan Ramadan, mereka yang menjalankan ibadah puasa, ingin tahu batas mulai puasa dan waktu magrib untuk berbuka.

Dia menyebutkan, jadwal imsakiyah tersebut diharapkan dapat menjadi pedoman bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadan.

Belum lama ini, Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka juga telah membenahi fasilitas Masjid Al Ikhlas di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka menjelang segera tibanya Ramadan 1440 Hijriyah, yaitu dengan memasang karpet baru dan dua unit penyejuk ruangan (AC).

Selama ini, Masjid Al Ikhlas difungsikan untuk kegiatan berjamaah sholat lima waktu. Juga, kerap digunakan untuk diskusi atau kegiatan keagamaan lainnya.

“Dan, saat Ramadan tiba, masjid ini sering dijadikan untuk tempat itikaf dan tadarus bersama,” jelasnya.

Bulan suci Ramadan pada tahun ini diperkirakan tiba sekitar tiga pekan ke depan.***

Bagikan: