Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Berawan, 21.6 ° C

Bawaslu Pangandaran Temukan Uang, Amplop, dan Kartu Nama Caleg

Tim Pikiran Rakyat
SALAH satu bentuk temuan praktik politik uang di masa tenang oleh Bawaslu Kabupaten Pangandaran di Dapil 2.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN
SALAH satu bentuk temuan praktik politik uang di masa tenang oleh Bawaslu Kabupaten Pangandaran di Dapil 2.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN

PARIGI,(PR).- Pada masa tenang menjelang Pemilu 2019 Bawaslu Kabupaten Pangandaran telah berhasil menemukan dugaan politik uang yang dilakukan oleh calon legislatif dari tiga parpol peserta Pemilu 2019. Temuan ini terjadi di Daerah Pemilihan (Dapil 2) yaitu Mangunjaya dan Padaherang, Selasa, 16 April 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan hasil patroli pengawasan antipolitik uang di masa tenang sejak tanggal 14 April sampai 16 April sudah sekitar 4 temuan dugaan politik uang. Barang yang diamankan berupa uang, kartu nama caleg, amplop, dan daftar nama penerima.

"Temuan tersebut dilakukan oleh tim kampanye Caleg DPRD Kabupaten dan Provinsi dari tiga Parpol peserta Pemilu," ungkapnya. 

Menurutnya dugaan praktik politik uang ini berbentuk amplop di dalamnya terdapat stiker caleg, list nama penerima dan uang mulai nominal Rp 20.000,- sampai Rp 100.000,- kejadian ditemukan pada hari pertama sampai hari ke tiga di masa tenang. 

"Selain berbentuk uang ditemukan juga kartu jaminan kesehatan dari salah satu caleg DPRD Kabupaten Pangandaran," tuturnya kepada wartawan Kabar Priangan Musli Jerry.

Selain di Dapil 2 terindikasi temuan politik uang juga terjadi di Dapil 3 diduga dari caleg DPRD Provinsi Jawa Barat tetapi masih proses penelusuran pihak Bawaslu Kabupaten Pangandaran. 

"Semuan tersebut sudah dibahas melalui sentra Gakumdu yang didalamnya Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan," katanya. 

Bawaslu Kabupaten Pangandaran mengharapkan keterlibatan masyarakat untuk mencegah atau melaporkan langsung bila menemukan dugaan pelanggaran Pemilu salah satunya Politik Uang,bagi peserta Pemilu agar mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada. 

"Kami akan tindak tegas kepada pelanggar Pemilu yang melakukan pelanggaran Pemilu,"tambahnya.***

Bagikan: