Pikiran Rakyat
USD Jual 14.426,00 Beli 14.126,00 | Umumnya berawan, 26.7 ° C

Jalan Cipadung-Sukamantri Mirip Kubangan Air

Tim Pikiran Rakyat
RUAS jalan kabupaten antara Cipadung-Sukamantri di wilayah Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta, kini kondisinya rusak berat dan terlihat mirip kubangan air.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN
RUAS jalan kabupaten antara Cipadung-Sukamantri di wilayah Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta, kini kondisinya rusak berat dan terlihat mirip kubangan air.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN

SUMEDANG,(PR).- Akibat terlalu lama tidak diperbaiki, ruas jalan kabupaten antara Cipadung - Sukamantri, wilayah Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta, Kab. Sumedang kini kondisinya kian memprihatinkan.

Jalan sepanjang 1 kilometer yang menjadi salah satu akses lintas desa dan kecamatan tersebut, kini sudah terlihat mirip kubangan air. Bahkan, tidak sedikit pengendara motor yang sempat terjatuh akibat terperosok pada lubang jalan tersebut.

Seperti diakui Ruhiat (53) salah seorang warga asal Desa Sukatani Kecamatan Tanjungmedar. Pengendara motor ini, mengaku sempat jatuh gara-gara ban motornya terperosok pada lubang jalan tersebut. Sebab, menurut dia, jika sedang turun hujan jalur itu kadang sering membahayakan para pengguna motor.

"Kalau sedang turun hujan, lubang-lubang di jalan ini kan suka tertutup air. Jadi kelihatannya seperti rata, padahal banyak lubang. Waktu hujan sore kemarin, saya sendiri sempat jatuh gara-gara masuk ke lubang itu, untung bawa motornya pelan-pelan jadi tidak terlalu parah jatuhnya," katanya kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.

Kerusakan jalan ini, kata Ruhiat, tentu akan sangat merugikan bagi para pengguna jalan, karena akan mengganggu terhadap kelancaran akses transportasi masyarakat.
Buruk infrastruktur jalan di jalur Cipadung-Sukamantri ini, dibenarkan Kepala Desa Sukamantri, Dedi Junaedi.
 
Menurut Dedi, jalur tersebut merupakan salah satu akses vital yang sangat strategis. Selain sebagai jalur lintasan antar desa dan kecamatan, jalur tersebut kini telah menjadi jalur pertumbuhan ekonomi.

"Ini jalur ramai. Banyak warung dan pertokoan yang terlewati oleh jalur ini, bahkan Puskesmas Sukamantri Rawat Inap juga lokasinya berada di jalur ini," katanya.

Dengan demikian, tidak heran jika kerusakan jalan tersebut sering menjadi keluhan masyarakat. Karena faktanya, jalur itu memang menjadi akses vital yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk itu, atas nama warganya, dia meminta kepada Pemkab Sumedang, agar bisa secepatnya memperbaiki jalan Cipadung-Sukamantri. Sehingga, kebutuhan akses transprotasi masyarakat tidak terus terganggu.***

Bagikan: