Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Umumnya berawan, 15 ° C

Polri dan TNI Siap Antisipasi Serangan Fajar

Tim Pikiran Rakyat

KAPOLRES Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm. Tri Arto. TNI-Polri siap amankan pelaksanaan pemilu 2019.*/AGUS KUSNADI
KAPOLRES Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm. Tri Arto. TNI-Polri siap amankan pelaksanaan pemilu 2019.*/AGUS KUSNADI

PARIGI, (PR).- Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan, pihak TNI-Polri siap mengamankan pemilu tahun ini sampai ke TPS supaya masyarakat pemilih mempunyai parsitispasi yang tinggi.

"Kami juga saat ini melakukan pengamanan di KPU maupun di Bawasalu. Bahkan dalam pengiriman logistik dari KPU ke PPK yang langsung dikawal oleh petugas agar ketika sampai ke PPK tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan," ujar Bismo.

Menurut Bismo, pada setiap gudang di PPK harus yang tidak rawan kebakaran dan tidak rawan hama tikus, dan pihak kepolisian bersama TNI akan melakukan patroli ke titik-titik rawan dalam masa tenang supaya tidak terjadi pelanggaran dalam pemilu ini.

Bismo mengungkapkan, dalam pengamanan pemilu di wilayah Kab. Pangandaran akan memgerahkan personel sebanyak 159 polri untuk PAM TPS lalu satu regu Brimob, Dalmas dan satu regu dari TNI. "Nanti ada BKO dari Satpol PP," ucapnya kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi, Rabu 10 April 2019.

Menurut Bismo, untuk memudahkan dalam pengamanan pihaknya juga sedang membentuk pos kamling terpadu bersama masyarakat untuk mengantisipasi adanya serangan fajar. "Jadi nanti subuh-subuh bisa keliling bareng warga untuk memantau adanya serangan fajar," ujarnya.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm. Tri Arto menambahkan, bahwa pada intinya TNI siap untuk kerja sama dalam pengamanan pada penyelenggaraan pemilu agar berjalan dengan baik dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita harus waspada terhadap daerah atau titik-titik kerawanan di TPS yang rawan bencana atau kerawanan lainnya.TNI dan Polri tidak ada sediktpun untuk memihak kepada salah satu paslon, kami TNI Polri netral dalam pemilu ini. Bila ditemukan anggota kami yang tidak netral silahkan laporkan," tegasnya.

Distribusi surat suara

Sementara Divisi Sosialisasi Pendidikan Politik KPU Kab Pangandaran, Maskuri Sudrajat mengatakan, bahwa saat ini KPU sedang melaksanakan pendistribusian surat suara dari KPU ke PPK seKab Pangandaran secara bertahap.

"Aturan untuk pemilih yang lanjut usia dan yang tuna netra bisa didampingi oleh orang lain dengan catatan yang pendampingnya harus netral," ucapnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kab. Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan, indeks kerawanan dalam pemilu tahun 2019 ini merupakan tanggung jawab bersama.

"Selama ini kami sudah melaksanakan bimtek saksi oleh Bawaslu pada kesempatan tersebut menyampaikan pengawasan rapat umum kampanye," ujarnya.

Dirinya menghimbau, pada masa tenang sudah tidak ada lagi yang kampanye, dan sesuai apa yang disosialisasikan oleh Bawaslu RI pada malam sebelum pelaksanaan pencoblosan untuk melaksanakan patroli yang bekerja sama dengan pihak aparat dan pihak terkait.***

Bagikan: