Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Badai petir, 28 ° C

Jatinangor Jadi Incaran Pemasaran Narkoba

Tim Pikiran Rakyat
KEPALA BNNK Sumedang, AKBP Kunto Prasetyo, SH.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN
KEPALA BNNK Sumedang, AKBP Kunto Prasetyo, SH.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN

SUMEDANG,(PR).- Sebagai salah satu daerah yang sedang berkembang, Kabupaten Sumedang, memang sangat berpotensi dijadikan sebagai daerah target peredaran narkotika oleh bandar-bandar narkoba.

Terlebih kawasan industri seperti Jatinangor dan daerah sekitarannya, yang saat ini menjadi fokus utama pengawasan narkoba oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumedang. Hal itu diungkapkan Kepala BNNK Sumedang, AKBP Kunto Prasetyo SH, sesaat setelah kegiatan Syukuran HUT ke-2 BNNK Sumedang di ruang kerjanya, Kamis 11 April 2019.

"Saat ini Sumedang juga sudah mulai rawan terhadap peredaran narkoba. Terutama di wilayah barat Sumedang seperti daerah Cibeusi dan Jatinangor," katanya.

Maka dari itu, sebagai langkah antisipasinya, BNNK Sumedang akan terus mendorong Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar), supaya semua elemen masyarakat di Sumedang dapat terlibat langsung untuk bersama-sama mengawasi, mencegah dan memberantas peredaran narkoba di wilayahnya masing-masing.

Bahkan khusus untuk wilayah yang dianggap paling rawan dijadikan sasaran peredaran narkoba, pihak BNNK juga kini telah menyiapkan posko guna mempermudah proses pengawasan narkoba. Dengan adanya upaya tersebut, diharapkan dapat menekan angka peredaran narkoba di wilayah Kab. Sumedang, yang saat ini jumlah penggunanya telah masuk urutan ke-6 di Jawa Barat.

"Sekarang Sumedang ini sudah masuk urutan ke-6 di Jawa Barat dalam penggunaan narkoba. Sesuai data dari BNN Provinsi Jabar, jumlah pengguna narkoba yang perlu direhabilitasi itu sudah mencapai 98.000 pengguna, termasuk di dalamnya pengguna narkoba asal Sumedang," tuturnya kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.

Melihat tingginya potensi tersebut, BNNK akan terus berupaya dengan sekuat tenaga untuk melakukan pengawasan, pencegahan dan pemberantasan narkoba di Sumedang. Bahkan bila ada tempat-tempat hiburan atau hotel di Sumedang yang dijadikan tempat transaksi atau penggunaan narkoba, BNNK tidak akan segan-segan untuk menyegelnya.

Begitu pun kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Kab. Sumedang, apabila ada oknum ASN yang melakukan perkeliruan masalah narkoba, BNNK pasti akan langsung menindak tegas.***

Bagikan: