Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 26.3 ° C

Sepekan Jelang Pemilu, Surat Suara Pengganti Belum Tiba di Cianjur

Shofira Hanan
SEJUMLAH petugas pelipat suara menyelesaikan pekerjaan pelipatan di gudang KPU, Sabandar, Cianjur, belum lama ini. Memasuki proses pendistribusian surat suara, KPU Cianjur belum juga menerima surat suara pengganti.*/SHOFIRA HANAN/PR
SEJUMLAH petugas pelipat suara menyelesaikan pekerjaan pelipatan di gudang KPU, Sabandar, Cianjur, belum lama ini. Memasuki proses pendistribusian surat suara, KPU Cianjur belum juga menerima surat suara pengganti.*/SHOFIRA HANAN/PR

CIANJUR, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur belum menerima penggantian surat suara Pemilu 2019 yang rusak. Padahal, KPU Cianjur sudah mulai melakukan pendistribusian logistik Pemilu ke tingkat PPM sejak Minggu 8 April 2019.

Hal tersebut memunculkan kekhawatiran akan terganggunya jadwal yang sudah ditetapkan. Sekjen KPU Cianjur, Endan Hamdani mengatakan bahwa permohonan penggantian surat suara yang rusak, sudah diajukan ke KPU RI sejak sepekan lalu.

”Berdasarkan hasil sortir lipat, ditemukan ribuan surat suara yang rusak. Lembar surat suara untuk Pileg dan Pilpres yang harus mendapat penggantian,” kata Endan, Rabu, 10 April 2019.

Tidak hanya penggantian untuk surat suara rusak, Endan menyebut, sejak awal memang terdapat surat suara yang saat diterima jumlahnya sudah kurang. Di antaranya lembar surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Dengan demikian, total keseluruhan kekurangan surat suara untuk Pilpres adalah 27.205.

Endan sebenarnya mengharapkan, surat suara penggati dapat diterima KPU Cianjur sebelum proses pendistribusian logistik berlangsung. ”Tapi sampai Selasa sore (surat pengganti) belum juga datang. Padahal pendistribusian logistik Pemilu 2019 sudah memasuki hari kedua untuk terus dilanjutkan sampai empat hari ke depan,” ucapnya.

Setidaknya, harap Endan, surat suara pengganti dapat segera diperoleh atau didatangkan sebelum distribusi logistik selesai. Oleh karena itu, saat ini Endan hanya bisa berharap kondisi tersebut tidak mengganggu aktivitas pendistribusian logistik Pemilu 2019 yang saat ini sedang difokuskan ke wilayah-wilayah pelosok di selatan Cianjur. 

Untuk sementara ini, sambil menunggu datangnya kiriman surat suara pengganti, KPU akan terus melangsungkan pendistribusian logistik. Ke depannya, surat suara pengganti akan dialokasikan untuk memenuhi logistik ke wilayah-wilayah terdekat yang menjadi lokasi pengiriman terakhir.***

Bagikan: