Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Sebagian cerah, 31.2 ° C

Jagung dan Pesona Hijau di Maja

Agus Ibnudin
SALAH satu sudut perbukitan di Nunuk Baru, Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka.*/AGUS IBNUDIN/PR
SALAH satu sudut perbukitan di Nunuk Baru, Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka.*/AGUS IBNUDIN/PR

WILAYAH selatan Kabupaten Majalengka identik dengan daerah pegunungan dan perbukitan yang hijau. Beragam komoditas pertanian pun dihasilkan di sini, mulai dari sayuran, palawija, hingga jenis tanaman lainnya.

Adalah Maja, sebuah kecamatan di selatan Majalengka yang dikenal berlimpah memberikan kontribusi hasil pertanian. Dan, salah satu komoditasnya adalah jagung.

Perbukitan Cikebo merupakan contoh di mana kebun-kebun jagung menghiasi. Juga, di deretan perbukitan yang membentang mulai Cihaur hingga Nunuk Baru.

Di sebelah kanan dan kiri terhampar hijaunya pohon-pohon jagung yang berderet rata, sekaligus menjadi pemandangan alam yang memanjakan mata.

Cikebo sendiri misalnya, saat ini tentu berbeda dibandingkan dengan Cikebo pada satu atau dua  dasawarsa lalu. Kini, kawasan ciri khas jalanan berkelok-kelok telah dihiasi dengan berdirinya sejumlah rumah makan, dan tentunya yang khas selama ini, yaitu saung-saung jagung bakar. “Tambah berkesan apabila kabut tengah turun menyelimuti Cikebo,” ujar Yaya, pengelola saung jagung bakar.

Namun, ketika cuaca cerah dan matahari terik, biasanya pemandangan perkampungan, ladang, dan lahan pesawahan terlihat jelas dari perbukitan.

Suasana segar

Menurut seorang pemotor Arif, meskipun tidak sedingin Argapura atau Apuy yang datarannya lebih tinggi, udara Cikebo tetap menjanjikan kesegaran.

Arif menuturkan, dari Cikebo ini akan terlihat panorama khas selatan Majalengka yang ditandai dengan berhamparnya lahan hijau. “Dari sini juga kita bisa melihat pesona Maja dan sekitarnya,” katanya.

Di Cikebo, pemandangan gunung pun tentunya tidak lepas dari penglihatan. Menengok ke arah utara misalnya, berdiri Gunung Ciremai.

Begitu pula, menyusuri Cihaur menuju Nunuk Baru dapat menambah keasyikan tersendiri. Meskipun, sebagian lintasan di sana masih diwarnai jalan berbatu yang menanjak dan menurun, namun pesonanya tidak kalah elok.

Untuk menuju Nunuk Baru dari Cihaur sebenarnya ada dua lintasan yang bisa digunakan, yaitu melalui Sukamenak, Lengkong, dan akhirnya Nunuk Baru.

Selain itu, melalui simpang tiga Buper Legok Gintung sebelum kemudian Nunuk Baru.

Namun, seperti di Cikebo, pohon-pohon jagung juga menghiasi kanan dan kiri jalan. Dan, sebagian di antaranya sudah memasuki masa panen.

Kecamatan Maja memang menyimpan segudang potensi sumber daya alam. Dengan berlimpahnya potensi-potensi itu, selain tampil menjadi sentra pertanian, tentu juga menjadi salah satu alternatif favorit untuk berwisata.(Agus Ibnudin/PR)***
 

Bagikan: