Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian cerah, 28 ° C

Embarkasi Haji Dibangun di Indramayu Tahun 2020 untuk Pemberangkatan dari Bandara Kertajati

Gelar Gandarasa
BANDAR Udara Internasional Jawa Barat (BIJB).*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR
BANDAR Udara Internasional Jawa Barat (BIJB).*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

INDRAMAYU, (PR).- Embarkasi haji akan dibangun tahun 2020 mendatang di Kabupaten Indramayu. Dana Rp 70 miliar telah disiapkan pemerintah pusat guna mendukung rencana tersebut.

Diharapkan, pembangunan embarkasi haji yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat itu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sejak adanya rencana pemberangkatan calon haji dari Bandara Kertajati, Indramayu telah menawarkan pembangunan embarkasi haji.

Sejumlah persiapan dan upaya telah dilaksanakan untuk mewujudkan keinginan itu. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Indramayu Rinto Waluyo mengatakan, Indramayu sudah terpilih oleh pemerintah pusat untuk dijadikan embarkasi haji.

“Kami sangat bangga karena Indramayu terpilih menjadi tujuan pembangunan embarkasi haji yang rencananya dibangun dekat jalan pantai utara (pantura) Kecamatan Lohbener, Indramayu,” katanya, Sabtu 6 April 2019.

Sejauh ini, Indramayu dinilai sebagai lokasi yang layak dan siap untuk dibangunnya embarkasi haji.

Sebelumnya, tim dari Kementerian Agama kerap melakukan kunjungan kerja ke Indramayu. Belum lama ini, tim dari Kementerian Agama yang dipimpin Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Nizar Ali berkunjung ke Indramayu. Dia menegaskan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 70 miliar untuk pembangunan embarkasi haji.

Keberadaan embarkasi haji dibutuhkan untuk menopang kegiatan pemberangkatan haji di Bandara Kertajati agar bisa beroperasi optimal.

Ada sejumlah manfaat dengan hadirnya embarkasi haji bagi masyarakat. Yang paling utama, tingkat perekonomian warga Indramayu akan meningkat. Mereka bisa membuka usaha di sekitar tempat untuk meningkatkan jumlah pendapatan.

Selain itu, diharapkan juga Indramayu akan lebih dikenal di Indonesia. Terlebih, di sana juga di akan dibangun museum haji.

Sejauh ini, tahapan demi tahapan sudah dilalui demi terwujudnya embarkasi. Pemerintah Kabupaten Indramayu sudah menyerahkan aset tanah seluas 10 hektare kepada Kementerian Agama.

Pembangunan akan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap awal, akan dilaksanakan pembangunan asrama, masjid, dapur, dan poliklinik. Tahun berikutnya, akan dilakukan pengembangan. Keberadaan embarkasi haji akan melengkapi Islamic Center yang sudah hadir terlebih dahulu.***

Bagikan: