Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sedikit awan, 25.1 ° C

Masa Panen Ikan, Nelayan di Cianjur Memilih Melaut Ketimbang ke TPS

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI Pemilu.*/HILMI ABDUL HALIM/PR
ILUSTRASI Pemilu.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

CIANJUR, (PR).- Seribuan nelayan di pesisir pantai Cianjur selatan lebih milih melaut ketimbang datang ke TPS pada saat Pemilu, 17 April 2019 nanti. Pasalnya, tanggal Pemilu bersamaan dengan musim panen ikan yang sejak beberapa bulan terakhir mereka tunggu-tunggu.

"Pemilu kali ini bersamaan dengan musim panen ikan, kami lebih memilih untuk pergi melaut dibandingkan harus pergi ke TPS yang sudah ditentukan, biasanya melaut selama tiga hari," kata Jamal (52) seorang nelayan di Pantai Jayanti, Cianjur, dilaporkan Antara, Sabtu, 6 April 2019.

Ia menjelaskan, bulan April merupakan masa panen untuk sejumlah jenis ikan, seperti ikan layur, sotong, tongkol dan ikan lainnya yang hanya berkembang biak pada bulan April. Maka dipastikan sebagian besar nelayan akan melaut meskipun bersamaan dengan Pemilu.

"Musim panen ikan terjadi mulai Maret sampai April, sekali melaut kami mampu membawa pulang hasil tangkapan hingga satu kuintal per satu kali melaut. Jadi rugi kalau satu hari saja tidak melaut," katanya.

Saat panen ikan tiba, nelayan mampu membawa pulang uang sekira Rp 4 juta hingga Rp 5 juta. Oleh karena itu mereka memilih melaut dari pada harus menyalurkan aspirasinya meski hanya butuh waktu beberapa menit. "Dari pada harus kehilangan penghasilan untuk anak dan istri, kami lebih memilih untuk melaut dari pada harus datang ke TPS," katanya.

Hal tersebut, tambah dia, sudah menjadi kebiasaan nelayan di pantai selatan. Mereka lebih memilih melaut dari pada ke TPS karena selama ini belum ada sosialisasi yang berhasil menggerakkan mereka untuk datang.

"Meskipun ada yang melakukan sosialisasi terkait dengan Pemilu tahun ini, kami akan tetap lebih memilih untuk pergi melaut. Selama ini, Pemilu tidak menghasilkan apapun untuk nelayan," kilahnya.

Sementara Ketua KPU Cianjur, Hilman Wahyudi mengatakan, pihaknya secara gencar telah melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan di Cianjur untuk meningkatkan partisipasi warga datang ke TPS pada 17 April, termasuk sosialisasi untuk kalangan nelayan.

"Nelayan di Pantai Janyanti yang pernah kami datangi, tetap memilih untuk melaut karena pada bulan April sedang musim ikan. Namun kami melalui relawan tetap menggencarkan sosialisasi akan pentingnya Pemilu untuk nelayan," katanya.***

Bagikan: