Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 20.5 ° C

Disdukcapil Lakukan Percepatan Pembuatan e-KTP

Tim Pikiran Rakyat
Ilustrasi.*/DOK PR
Ilustrasi.*/DOK PR

SUMEDANG,(PR).- Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, kini terus melakukan percepatan dalam penerbitan e-KTP. 

"Percepatan ini dimaksudkan agar pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang semua hak pilih di Sumedang dapat memiliki e-KTP," kata  Pjs. Kepala Disdukcapil Kab. Sumedang H. Tatang Setiadi, Jumat 5 Aprl 2019. 

Menurut Tatang, sesuai data yang dimiliki Disdukcapil, saat ini tercatat masih ada sekitar 24.000 wajib KTP di Sumedang yang belum memiliki e-KTP.  

"Agar semua wajib KTP ini bisa segera memiliki e-KPT, maka kami harus melakukan percepatan dalam pencetakan e-KTP nya," ujar Tatang kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.

Namun karena jumlah e-KTP ini masih sangat banyak, maka untuk pelaksanaan pencetakan e-KTP ini, terpaksa harus dilakukan melalui kerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) dan Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

Pasalnya, apabila pembuatan e-KTP itu hanya dilakukan oleh Disdukcapil, kemungkinan target penerbitan e-KTP tuntas sebelum Pemilu itu pasti tidak akan tercapai.

"Jumlah e-KTP yang harus dicetak itu kan masih tersisa sekitar 24.000 lagi. Apabila pencetakannya dilakukan di sini pasti tidak akan terkejar, makanya pencetakan tersebut kami kirim ke PNRI," ucapnya.

Dijelaskan Tatang, seperti diketahui bersama, Dirjen Dukcapil sejauh ini telah menargetkan bahwa seluruh penduduk yang telah masuk dalam DPT harus bisa menggunakan e-KTP pada saat Pemilu 2019 nanti. 

Maka dari itu, tidak heran jika saat ini pihak Dirjen terus mendorong agar semua Disdukcapil di daerah dapat melakukan percepatan perekaman e-KTP.

"KPU memang membolehkan setiap hak pilih yang belum memiliki e-KTP untuk menggunakan surat keterangan (Suket). Namun karena ingin maksimal, maka sebelum pelaksanaan Pemilu semua hak pilih akan diusahakan supaya bisa memiliki e-KTP," katanya.***

Bagikan: