Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Hujan singkat, 28.5 ° C

Akun Palsu Aming di Media Sosial Tipu Warganet

Hilmi Abdul Halim
Facebook.*/DOK. PR
Facebook.*/DOK. PR

PURWAKARTA, (PR).- Akun media sosial yang mengatasnamakan Wakil Bupati Purwakarta Aming digunakan untuk mekaukan penipuan terhadap sejumlah warganet. Aming menegaskan bahwa akun tersebut bukan milik dia.

"Tentu saja palsu. Staf saya langsung mengecek dan benar ternyata akun palsu," kata Aming, Jumat 5 April 2019.

Aming menduga, pembuat akun tersebut sengaja memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

Upaya penipuan di media sosial Facebook itu pertama kali dilaporkan warganet bernama Ryan Sukma Ramadhan beberapa waktu lalu. Dalam foto percakapan melalui pesan personal di Facebook, akun yang mengatasnamakan Aming meminta sumbangan kepada korban.

Ryan menuliskan keterangan foto yang memperingatkan warganet lainnya agar tidak tertipu akun palsu Wabup Purwakarta itu.

"Awas ada akun atas nama H Aming, Wakil Bupati Purwakarta. Minta-minta sumbangan. Itu akun bodong," ujarnya dalam tulisan.

AKUN palsu Aming/FACEBOOK

Sebelum mendapatkan laporan tersebut, Aming juga mengaku mendapatkan keluhan dari warganet lainnya. Aming masih mencari korban lainnya. Namun, ia berharap tidak ada orang lain yang menjadi korban penipuan akun tersebut.

Karena dinilai meresahkan, pemerintah daerah Purwakarta berencana melaporkan pemilik akun palsu Aming kepada polisi. Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Purwakarta Siti Ida Hamidah juga tengah mencari identitas pembuat akun tersebut.

"Kami tindak karena melanggar UU ITE, bahkan apabila diketahui yang sedang ditelusuri oleh tim Diskominfo, ya langsung kita laporkan," ujar Ida.

Saat ini, jajarannya juga membuka layanan pengaduan masyarakat yang menjadi korban penipuan akun palsu Aming melalui akun media sosial resmi Diskominfo Purwakarta.***

Bagikan: