Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian berawan, 20.9 ° C

Destinasi Wisata Purwakarta Kini Ada 62 Lokasi

Hilmi Abdul Halim
SALAH satu destinasi wisata Purwakata yang sering dikunjungi yakni atraksi air mancur di malam hari.*/DOK.PR
SALAH satu destinasi wisata Purwakata yang sering dikunjungi yakni atraksi air mancur di malam hari.*/DOK.PR

PURWAKARTA, (PR).- Perkembangan industri pariwisata di Kabupaten Purwakarta meningkatkan kebutuhan masyarakat pada layanan telekomunikasi berbasis jaringan. Kondisi itu mendorong perusahaan penyelenggara jasa internet (provider) untuk meningkatkan pelayanannya.

Salah satu provider, Indosat Ooredoo memilih mengembangkan jaringan teknologi generasi keempat (4G). "Jaringan 4G plus kami semakin luas menjangkau wilayah Purwakarta dan sekitarnya dengan 132 spot baru," kata pimpinan perusahaan wilayah pusat dan Jawa Barat, Andri Pranata, Jumat 29 Maret 2019.

Menurutnya, peningkatan kebutuhan masyarakat pada jaringan 4G mengikuti rutinitas masyarakat menggunakan media sosial. Termasuk, saat mereka mengunjungi tempat-tempat wisata seperti yang ada di Purwakarta.

Andri mengakui kunjungan wisatawan dari luar daerah ke Purwakarta juga terus meningkat. Menurutnya, banyak di antara wisatawan tersebut merupakan pengguna produk Indosat Ooredoo dari segala segmen khususnya kaum muda.

Selain itu, perusahaannya juga menargetkan pengguna dari masyarakat setempat. "Masyarakat Purwakarta dan sekitarnya dapat merasakan langsung dampak positif saat melakukan aktivitas digital. Aksesnya lebih cepat dan stabil dibandingkan sebelumnya dengan jaringan 4G plus kuat," tutur Andri.

Selain menambah spot baru, Manajer Pemasaran Area Purwakarta Dedi Widiwiyanto mengatakan bahwa perusahaannya juga menambah kapasitas pemancar yang ada. Sehingga, layanan jaringan tersebut bisa dinikmati lebih banyak pengguna.

Sementara itu, Dinas Pemuda Olah Raga Periwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta mengakui penambahan jumlah wisatawan salah satunya dipicu penambahan jumlah destinasi wisata. Menurut data terakhir, jumlah tujuan wisata di daerahnya mencapai 62 lokasi.

"Di 2015 lalu, destinasi wisata yang ada hanya 32 lokasi. Kemudian, 2017 bertambah jadi 45 lokasi. Hingga 2018 kemarin bertambah lagi jadi 62 lokasi," kata Kepala Bidang Pariwisata di dinas terkait Heri Anwar. Sebagai besar lokasi merupakan objek wisata alam.

Heri berharap penambahan jumlah objek wisata bisa memenuhi target kunjungan tahun ini sebanyak empat juta wisatawan. Apalagi, bila potensi tersebut ditunjang sarana dan prasarana pendukung termasuk jaringan internet yang berkualitas.***

Bagikan: