Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Umumnya cerah, 27.8 ° C

Bupati Karawang Akan Lengkapi Fasilitas Tenaga Kerja Asing

Dodo Rihanto
BUPATI  Karawang Cellica Nurrachadiana saat melakukan sosialisasi keberadaan TKA dan program pemerintah Kabupaten Karawang di Hotel Resinda, Karawang Barat. Kamis 28 Maret 2019.*/ DODO RIHANTO/ PIKIRAN RAKYAT
BUPATI Karawang Cellica Nurrachadiana saat melakukan sosialisasi keberadaan TKA dan program pemerintah Kabupaten Karawang di Hotel Resinda, Karawang Barat. Kamis 28 Maret 2019.*/ DODO RIHANTO/ PIKIRAN RAKYAT

KARAWANG, (PR).- Bupati Karawang Cellica Nurrachaddiana berjanji bakal melengkapi fasilitas untuk tenaga kerja asing (TKA) di Karawang. Dengan cara itu, diharapkan bakal lebih banyak lagi TKA yang menetap dan tinggal di kota industri tersebut.

Cellica menyebutkan hal itu seusai melakukan tatap muka langsung dengan ratusan TKA di Hotel Resinda, Karawang Barat, Kamis 28 Maret 2019. Dalam pertemuan tersebut, Cellica mengajak para TKA yang bekerja di Karawang untuk tinggal di Karawang juga, bukan di luar daerah.

"Jika para TKA yang bekerja di Karawang mau tinggal dan menetap di Karawang, saya yakin perekonomian masyarakat setempat bakal meningkat tajam," katanya.

Disebutkan, selain tingkat hunian hotel bakal melonjak, pemasukan dana ke kas daerah dari retribusi perpanjangan izin tinggal TKA akan meningkat pula. Namun persoalannya masih banyak TKA yang bekerja di Karawang tapi tinggal di Cikarang, Bekasi, dan Jakarta.

Setelah ditelusuri, lanjut Cellica, ternyata para TKA itu mengeluhkan minimnya fasilitas pendukung untuk tinggal di Karawang. "Mereka menginginkan adanya sekolah Interasional dan pasar khusus bagi orang asing, seperti farm market dan fruit market sesuai standarnya," katanya.

Guna memenuhi tuntutan itu, lanjut Cellica, Pemkab Karawang akan menggandeng pihak swasta membangun fasilitas tersebut. Bahkan, jika memungkinkan fasilitas itu dibangun terintegrasi dengan pemukiman para TKA di sekitar kawasan industri.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Ahmad Suroto,  bertekad akan mendirikan permukiman TKA di Karawang. Lokasi itu diharapkan tumbuh menjadi kawasan pemukiman orang asing seperti di wilayah Kemang, Jakarta.

Di tempat yang sama, General Manajer PT Tatar Kertabumi, Ie Rina, menyebutkan, pihaknya siap membangun fasilitas yang dibutuhkan para TKA itu di Karawang. "Saat ini kami sedang membangun Super Blok dengan nama Taruma City. Lokasinya, berada di tengah kota," ujar Ie Rina.***

 

Bagikan: