Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Sebagian cerah, 23.2 ° C

Penggunaan Medsos ASN Dipantau Bawaslu

ella yuniaperdani
ILUSTRASI ASN.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI ASN.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

JAKARTA, (PR).- Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang, Andi Irawan di Tangerang menegaskan, aparat sipil negara (ASN) harus netral  dalam Pemilu. Oleh karena itu, Bawaslu Kabupaten Tangerang melakukan pemantauan penggunaan media sosial aparat sipil negara.

"Sudah berkomitmen untuk melakukan pengawasan terhadap ASN karena memang harus netral," kata Andi Irawan, di Tangerang, Selasa 26 Maret 2019, seperti  dikutip Kantor Berita Antara.

Dia mengatakan ASN tidak boleh memihak pada salah calon tertentu, apalagi menganjurkan pihak lain untuk memilih karena dianggap menyalahi aturan dan ada sanksinya.

Sanksi hukum menanti ASN bila melanggar aturan yang berlaku seperti UU No.7 tahun 2007 tentang Pemilu pasal 20, UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah (PP) No.53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Aturan lain yang perlu ditaati ASN adalah Surat Edaran Bupati Tangerang No. 800/4998-BKPSDM/2018 tentang Larangan keterlibatan ASN, Kades, Perangkat Desa, Anggota BPD dalam kegiatan kampanye pemilu 2019.

Bawaslu setempat telah melakukan sosialisasi pengawasan pemilu bertajuk  "Netralitas ASN Melalui Media Sosial" yang digelar pada sebuah hotel di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Pihaknya berupaya memantau bila ada potensi pelanggaran, seperti menyukai (like) salah satu akun pendukung calon tertentu.

Apalagi ada ASN yang dengan sengaja memposting foto atau video kegiatan dengan pakaian seragam di media sosial, ini dianggap suatu pelanggaran, tentu ada sanksi hukum.***

 

Bagikan: