Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

Waspada Angin dan Petir Diperkirakan Melanda Majalengka

Agus Ibnudin
WASPADA petir.*/ANTARA
WASPADA petir.*/ANTARA

MAJALENGKA, (PR).- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, angin kencang dan hujan lebat yang disertai  dengan petir masih berpotensi terjadi di wilayah Majalengka, Kuningan, Cirebon, dan sekitarnya dalam minggu ini. Masyarakat pun diimbau waspada.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn menuturkan itu ketika dihubungi “PR” Online, Minggu 24 Maret 2019 petang.

“Potensi hujan lebat disertai angin kencang, terutama hingga empat hari ke depan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, masyarakat diimbau tetap dan lebih waspada apabila melihat awan hitam dengan ketinggian rendah (Cumulonimbus) yang bisa menyebabkan hujan lebat disertai dengan angin kencang dan petir. Serta, ikuti terus informasi cuaca dari BMKG.

Ahmad Faa Iziyn yang akrab disapa Faiz menyebutkan, kecepatan angin di wilayah Majalengka dan sekitarnya diperkirakan 5 sampai 65 kilometer per jam.

“Kecepatan angin maksimum diperkirakan bisa mencapai 65 kilometer per jam,” katanya.

Sedangkan, suhu udara di Majalengka dan sekitarnya diperkirakan berkisar pada 23-34 derajat Celsius, dengan kelembapan udara berkisar antara 60-95 persen.

Sementara itu, pada Sabtu 23 Maret 2019 sore lalu, angin kencang (puting beliung) menerjang wilayah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Tiga desa yang terkena dampak, yaitu Jatiraga, Jatitengah, dan Jatitujuh.

Menurut keterangan, angin kencang terjadi bersamaan dengan hujan lebat yang mengguyur kawasan itu. Dilaporkan, akibat kejadian tersebut banyak pohon tumbang. Belasan rumah penduduk rusak. Selain itu, kerusakan juga menimpa sejumlah fasilitas umum.***

Bagikan: