Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 30.1 ° C

Lelang Calon Sekda Segera Dibuka

Irwan Natsir
ILUSTRASI lelang jabatan.*/ DOK PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI lelang jabatan.*/ DOK PIKIRAN RAKYAT

CIBINONG, (PR).-  Lelang  jabatan calon sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Bogor akan segera digelar. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, Dadang Irfan menegaskan itu setelah mendapatkan persetujuan tentang rencana lelang dari Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Alhamdulillah, persetujuan telah ada atas permohonan yang diajukan beberapa waktu lalu. Sekarang kami akan menyiapkan rancangan lelang jabatan yang akan dilakukan,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Jumat 22 Maret 2019.

Menurut dia, lelang jabatan yang akan dilakukan terlebih dahulu adalah sekda. Sebab, saat ini jabatan sekda diisi oleh pejabat sekda yang memiliki waktu bertugas tiga bulan.

“Posisi sekda yang akan dilakukan lelang jabatan. Selain untuk mencari figur sekda definitif, juga sekda hasil lelang nanti juga menjadi ketua tim untuk seleksi jabatan eselon dua lainnya,” jelas Dadang Irfan.

BKPP akan  merancang pengumuman pembukaan pendaftaran.  Pembukaan, penerimaan, pendaftaran dan pelaksanaan seleksi calon Sekda kurang lebih satu hingga dua bulan. Sedangkan tim panitia seleksi (pansel) di antaranya dari  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biro­krasi (Kemenpan-RB), perguruan tinggi, dan lainnya.

Kata Dadang Irfan,  pendaftaran calon Sekda bisa diikuti berbagai pejabat tak hanya di lingkungan Kabupaten Bogor,  tapi juga tingkat Provinsi Jawa Barat . “Siapa saja ASN bisa daftar dan ikut lelang jabatan, baik di Pemkab Bogor maupun instansi lainnya di Jawa Barat,” ujarnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Bogor Slamet Mulyadi menyatakan, langkah lelang jabatan atau open bidding yang akan dilakukan Pemkab Bogor untuk mencari calon sekretaris daerah (sekda) merupakan langkah bagus sepanjang proses lelang jabatan dilakukan secara objektif, transparan dan akuntabel.

Transparan dan akuntabel

Menurut Slamet Mulyadi, proses lelang jabatan sekda betul-betul dilakukan transparan dan akuntabel. Sebab, sekda merupakan jabatan ketiga tertinggi di Pemkab Bogor yang memiliki fungsi dan peran yang cukup signifikan.

“Tentu kita harapkan dengan cara dilelang akan muncul calon-calon sekda yang memiliki integritas, kredibe, l dan kemampuan yang mumpuni, sehingga bisa mewarnai Pemkab Bogor untuk lebih maju lagi,” ujarnya.

Untuk itu, semua pejabat dilingkungan Pemkab Bogor yang memenuhi persyaratan untuk calon sekda, harus didorong untuk ikut serta mendaftar. Termasuk juga para ASN di berbagai daerah di Jawa Barat diharapkan ambil bagian.

Slamet Mulyadi mewanti wanti, jangan sampai proses lelang jabatan dijadikan pintu masuk untuk meloloskan calon titipan yang tidak memiliki kemampuan,  dan kredibilitas.

Saat ini, posisi sekda Kabupaten Bogor diisi oleh pejabat sekda yang diangkat oleh Bupati Ade Yasin, yaitu Burhanudin yang menjabat asisten pemerintahan. Sesuai aturan, masa tugas pejabat hanya dalam waktu tiga bulan.

Sementara itu, nama-nama di internal Pemkab Bogor yang punya peluang bisa ikut lelang jabatan sekda selain Burhanudin sendiri, ada sejumlah nama lain seperti Syarifah Sofiah (Kepala Bappedalitbangda), Yani Hasan (Kadis PUPR), Rustandi (Asisten Ekbang), Tb Lutfhi (Kadisdik), Dace Supriadi (Kadisindag), Yous Sudrajat (Asisten Administrasi), dan sejumlah nama lainnya. ***

 

Bagikan: