Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Sebagian cerah, 23.2 ° C

Bupati Indramayu Dambakan Sosok Wabup

Gelar Gandarasa
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil, melantik Bupati Indramayu,*/HUMAS PEMPROV JABAR
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil, melantik Bupati Indramayu,*/HUMAS PEMPROV JABAR

INDRAMAYU, (PR).-Bupati Indramayu Supendi mendambakan adanya sosok wakil bupati. Dengan adanya wabup, maka dirinya bisa bekerja bersama-sama membangun Kabupaten Indramayu. Terlebih lagi, kosongnya kursi wabup sudah terjadi berbulan-bulan lamanya. 

Supendi mengaku, hingga saat ini dirinya belum saja menerima usulan dua nama wabup dari partai pengusung. "Masih menunggu proses usulan dari partai," katanya, Kamis, 21 Maret 2019. 

Jika sudah mendapatkan usulan nama, baru nama itu akan diajukan segera ke DPRD. Proses itu memakan waktu yang tak sedikit, tergantung kesepakatan dari para parpol pengusung.

Dia menambahkan, meski belum ada wabup, kinerja pemerintahan tidak terlalu terganggu. Roda pemerintahan masih berjalan normal sebagaimana mestinya. 

Kendati begitu, sosok wabup tetap dibutuhkan segera. "Saya kira lancar-lancar saja yang penting bisa melaksanakan tugas-tugas kita. Tapi yang saya harapkan mesti ada wakilnya. Lebih efektif dan lebih efisien kalau ada wakilnya," tegas dia. 

Dia berharap, dalam waktu dekat kursi wakil bupati Indramayu akan segera terisi. Lamanya proses pengajuan nama kemungkinan adanya kesibukan di masing-masing partai. 

Seperti yang diketahui, saat ini partai politik tengah bersiap-siap menyambut pesta demokrasi yang akan berlangsung April nanti. Supendi mengaku, dirinya tak begitu khawatir karena batas pengajuan maksimal akan berakhir pada Agustus mendatang. 

"Parpol pengusung masih berkomunikasi menentukan dua nama. Kita tunggu perkembangannya," ujarnya. 

Sesuai prosedur

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Indramayu Taufik Hidayat mengatakan, masih ada sejumlah proses yang harus ditempuh untuk menentukan wabup. Setelah pengajuan dua nama ke bupati, barulah dibahas dalam rapat DPRD. 

DPRD pun sudah membentuk panitia pemilihan Wakil Bupati Indramayu. “Menyetorkan namanya ke bupati. Nanti lalu diteruskan ke DPRD,” katanya. 

Hingga saat ini, ia pun belum mengetahui siapa saja nama-nama yang akan diajukan oleh partai pengusung. Ditanya soal kesiapannya mengisi kursi wabup, Taufik mengaku siap mengisi jabatan wakil bupati. 

"Sebagai kader saya harus siap," ujarnya. Meski masa jabatan wabup tidak akan berlangsung lama, ia yakin bisa memberikan yang terbaik bagi Indramayu. 

Ketua Panlih Wabup Indramayu Syaefudin mengatakan, panlih sudah bekerja sejak lama. Sejumlah kunjungan kerja ke daerah yang mengalami hal serupa dengan Indramayu telah dilakukan. 

“Ke DKI Jakarta,” katanya. Diharapkan dalam waktu dekat nama-nama calon pengganti wakil bupati bisa segera diproses. 

Syaefudin menambahkan, panlih pun sudah berkunjung ke kementerian dalam negeri untuk membahas regulasi soal pengganti posisi wakil bupati Indramayu. “Nanti akan kami proses dengan segera,” ujar dia.***

Bagikan: