Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Badai petir, 25.4 ° C

Hujan Besar, Sejumlah Pohon Tumbang di Tiga Kecamatan Roboh

Tim Pikiran Rakyat
PETUGAS dari Tagana sedang mengevakuasi salah satu pohon besar tumbang yang berada di Jalan Kidang Pananjung tepatnya depan hotel Bilz, Minggu 17 Maret 2019.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN
PETUGAS dari Tagana sedang mengevakuasi salah satu pohon besar tumbang yang berada di Jalan Kidang Pananjung tepatnya depan hotel Bilz, Minggu 17 Maret 2019.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN, (PR).- Hujan deras disertai angin kencang di Pangandaran mengakibatkan beberapa pohon roboh menimpa beberapa rumah milik warga. Peristwa angin kencang dan hujan deras itu terjadi Sabtu, 16 Maret 2019 malam sekitar pukul 23.30 Wib. Hasil pendataan pada Minggu 17 Maret 2019, ada beberapa rumah yang menjadi korban di tiga Kecamatan yaitu Pangandaran, Sidamulih dan Kalipucang, namun dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran Nana Suryana mengatakan hujan deras yang disertai angin kencang merobohkan sejumlah pohon menimpa rumah warga dan menutup akses jalan.

"Kami begitu mendapat laporan langsung berkordinasi dan ke lokasi kejadian," ungkapnya kepada wartawan Kabar Priangan Muslih Jerry. 

Menurut dia, hasil pengecekan di lapangan ada tiga rumah di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran rusak sedang milik Ny Satiem (65) warga Dusun Kalapatiga Rt 02/08 Desa Babakan Kecamatan Pangandaran mengalami rusak sedang, sudah teratasi dan korban diungsikan ke rumah kerabat.

"Kemudian rumah milik Marno (50) mengalami rusak sedang sudah teratasi dan Ny Aisah (57) Dusun Kamurang Rt 02/12 Desa Babakan," tuturnya. 

Korban angin kencang juga menimpa dua rumah di Kecamatan Sidamulih rusak sedang yaitu milik Titin (50), warga Dusun Karangwangkal Rt 01/05 Desa Sidamulih sudah didirikan tenda sementara, juga rumah milik Rasinah (65) Rt 03/03. "Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa,"katanya. 

Selanjutnya kejadian yang sama ini juga ada pohon roboh di Jalan Kidang Pananjung Desa/Kecamatan Pangandaran merusak jaringan listrik dan telepon serta 5 unit mobil gowes. Sementara jalan sempat ditutup waktu itu dan ada juga di blok pintu timur kawasan Taman Wisata Alam Pangandaran mengakibatkan merusak taman.

"Satu rumah tertimpa pohon kelapa di Kecamatan Kalipucang mengalami rusak sedang milik Wakim (50) warga Dusun Karangsari Rt 02/02 Desa Putrapinggan," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani menambahkan setelah mendata rumah warga yang terkena bencana angin kencang dan hujan deras pihaknya langsung mengirimkan bantuan korban bencana angin kencang di wilayah Kecamatan Sidamulih, Pangandaran, dan Kalipucang. 

"Rumah warga yang menjadi korban dari bemcana angin kencang tersebut ada 6 Kepala Keluarga di tiga kecamatan," tamabahnya.***

Bagikan: