Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Badai petir, 25.4 ° C

Hadapi Bencana, Biasakan Jangan Panik

Tim Pikiran Rakyat
KASI Pencegahan dan Kedaruratan BPBD Kota Banjar, Asep Setiadi, sedang menyampaikan materi siaga bencana di hadapan pelajar Kota Banjar belum lama ini.*/D. IWAN/KABAR PRIANGAN
KASI Pencegahan dan Kedaruratan BPBD Kota Banjar, Asep Setiadi, sedang menyampaikan materi siaga bencana di hadapan pelajar Kota Banjar belum lama ini.*/D. IWAN/KABAR PRIANGAN

BANJAR,(PR).- Mulai tahun 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar "Saba Sakola" menyiagakan anak-anak dan guru supaya tanggap bencana.  Kesiapan mereka untuk mengantisipasi baik, bencana gempa bumi, banjir, longsor, tsunami, kebakaran maupun aneka bencana lainnya.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Yayan Herdiaman, Minggu 17 Maret 2019, kabupaten/kota lain sudah ada yang berani menjadikan pembelajaran siaga bencana dalam kurikulum belajar di sekolah.

"Materi siaga bencana itu sangat penting diketahui anak didik, termasuk siapa pun. Pengetahuan ini sebagai upaya pencegahan dini, antisipasi jikalau ada bencana, supaya mudah tidak panik dan tetap tenang," ujar Yayan kepada wartawan Kabar Priangan D.Iwan.

Kasi Pencegahan dan Kedaruratan BPBD Kota Banjar, Asep Setiadi menambahkan, terpenting jika ada bencana, misalnya gempa bumi, pertama yang harus diutamakan itu melindungi kepala, kemudian berlindung di tempat aman seperti kolong meja dan jika dimungkinkan lari ke lapangan terbuka yang aman dari runtuhan bangunan.

"Sampai pertengahan Maret 2019 ini, sebanyak 6 sekolah (SMP) sudah menerima sosialisasi siaga bencana," ujar Asep Setiadi, seraya menjelaskan di Kota Banjar terdata 151 sekolah/madrasah, mulai tingkat TK, SD dan SMP. 

"Sosialisasi siaga bencana khusus tingkat SMA dan SMK di Kota Banjar, diprogramkan penyampaian materi siaga bencana itu dilakakukan BPBD Provinsi Jabar," ujar Asep.

Sejumlah sekolah memberikan respons positif penyampaian program siaga bencana. Seperti dikatakan Kepala SMPN 6 Banjar, Nia Kurniasih, pihaknya mendukung sosialisasi penanggulangan bencana. "Kami apresiasi positif. Kami berharap penyampaian materi siaga bencana itu berkelanjutan," ujar Nia.***
 

Bagikan: