Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Hujan petir singkat, 22.6 ° C

Pusat Pemerintahan Sukabumi Dipindahkan

Yusuf Wijanarko
KOTA Sukabumi/DOK. PR
KOTA Sukabumi/DOK. PR

SUKABUMI, (PR).- Pada 2021, pusat pemerintahan Kota Sukabumi akan dipindahkan ke wilayah Kecamatan Baros, Cibeureum, dan Lembursitu (Bacile) dari semula di Kecamatan Cikole.

"Saat kami sudah mulai pindahkan kegiatan pemerintahan seperti Sukabumi Kreatif dan lainnya ke wilayah Bacile yang tujuannya untuk pemerataan pembangunan dan penyebaran penduduk," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Jumat 15 Maret 2019 seperti dilaporkan Antara.

Menurut Achmad Fahmi, langkah itu diambil karena selama ini beberapa kecamatan seperti Cikole, Warudoyong, Citamiang, dan Gunungpuyuh menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan.

Dengan dipindahkannya pusat pemerintahan ke Bacile, pembangunan mulai beralih ke wilayah tersebut. Pembangunan tidak menumpuk di Cikole atau Warudoyong, bahkan dua kecamatan tersebut sudah tumbuh cukup pesat ditambah jumlah penduduknya menjadi yang terbanyak.

Achmad Fahmi menginginkan, setelah pusat pemerintahan dipindahkan ke Bacile, percepatan pertumbuhan ekonomi terjadi di tiga kecamatan itu. Begitu juga dengan kesejahteraan, pembangunan, dan sumber daya manusia.

"Kami yakin pertumbuhan ekonomi Kota Sukabumi bisa melesat untuk menyaingi program Pemerintah Provinsi Jabar yakni Jawa Barat Ngabret (ngebut)”, kata dia.

Achmad Fahmi mengatakanm pembebasan lahan ditargetkan sudah bisa terlaksana tahun ini plus desain pusat pemerintahannya. Pada 2020 Detail Engineering Design (DED) sudah selesai dan pada 2021 pembangunan kantor pemerintahan selesai serta dapat dipakai.

Dengan terpusatnya kantor pemerintahan, kata dia, pelayanan terhadap masyarakat akan lebih mudah, cepat, dan profesional. Selain itu, sarana penunjang juga harus dibangun. "Untuk anggarannya, sudah tentu besar," kata dia.***

Bagikan: